8 Tips Kendalikan Porsi Makanan: Ukuran Piring hingga Tinggi Gelas

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 05 Juli 2023
0 dilihat
8 Tips Kendalikan Porsi Makanan: Ukuran Piring hingga Tinggi Gelas
Anda yang sedang berupaya diet, perlu lakukan tips yang bisa membuat Anda mengurangi porsi makan. Foto: Repro Floreseditorial.com

" Cara menyajikan porsi makanan kita sangat mempengaruhi seberapa banyak kita makan "

KENDARI, TELISIK.ID – Diet atau upaya penurunan berat badan salah satunya dilakukan dengan mengontrol makanan yang masuk ke tubuh setap harinya agar tak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan kalori harian.

Dilansir dari Katadata.co.id, Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife, Susan Bowerman mengatakan, pengendalian porsi makan adalah metode yang bagus untuk membantu mengawasi seberapa banyak yang Anda makan dengan menjaga asupan kalori tetap terkendali.  

“Ingatlah, porsi adalah jumlah makanan yang Anda letakkan di piring, sedangkan satu sajian adalah jumlah makanan yang tepat, dalam arti lain adalah memahami apa yang dibutuhkan tubuh dan makanlah sesuai dengan kebutuhan tersebut,” ungkap Susan.  

Seringkali, kata dia, banyak orang makan berlebihan karena merasa harus menghabiskan semua makanan yang ada di piring makan atau karena restoran menyajikan porsi yang sangat besar. Sehingga hal itu menyebabkan penambahan berat badan.

Cara menyajikan porsi makanan kita sangat mempengaruhi seberapa banyak kita makan. Jika memakan makanan sehat, mungkin Anda berpikir bahwa sulit untuk makan berlebihan.

Baca Juga: Makanan Sehat bagi Pengidap Asam Lambung

Namun, banyak orang yang memenuhi piring mereka dengan makanan sehat sebenarnya berjuang dengan berat badan karena mereka makan terlalu banyak.

Bahkan, menurut meta-analisis yang diterbitkan dalam Obesity Research & Clinical Practice, penggunaan piring yang dikendalikan ukurannya di antara subjek penelitian menghasilkan penurunan signifikan dalam berat badan, indeks massa tubuh, dan lingkar pinggang.

Percaya atau tidak, kata Susan, ungkapan lapar mata benar-benar berlaku di sini. Ketika Anda menyiapkan piring, Anda mengandalkan apa yang Anda lihat untuk menentukan porsi makanan, yang seringkali jauh lebih banyak dari apa yang dapat - atau seharusnya - Anda makan.

Dikutip dari Sinarharapan.co, berikut adalah beberapa kebiasaan yang disarankan oleh Susan untuk membantu mengontrol porsi saat menyajikan dan menyusun makanan.

1. Pilih wadah sajian yang lebih kecil, karena hidangan yang disajikan dari wadah yang besar dapat mendorong kita untuk makan lebih banyak.

2. Gunakan alat makan yang lebih kecil, karena kita cenderung mengambil makanan lebih banyak jika menggunakan sendok saji yang besar.

3. Pertimbangkan ukuran piring, karena piring yang lebih kecil dapat memberikan kesan bahwa piring tersebut berisi lebih banyak makanan.

4. Perhatikan tinggi dan lebar gelas minuman, karena gelas yang tinggi dan ramping terlihat seolah-olah berisi lebih banyak.

Baca Juga: Sering Merasa Lelah? Coba Konsumsi 6 Jenis Makanan Sehat Ini

5. Sajikan makanan sejak di dapur bukan di meja, agar tidak tergoda untuk menambah lebih banyak makanan.

6. Pertimbangkan warna piring, karena warna piring dapat memengaruhi kemampuan kita dalam memvisualisasikan seberapa banyak makanan yang kita konsumsi.

7. Mulailah dengan makanan rendah kalori terlebih dahulu, seperti salad atau sayuran. Ini agar kita merasa kenyang dengan makanan rendah kalori terlebih dahulu sehingga tersisa lebih sedikit ruang untuk makanan yang lebih berat.

8. Gunakan piring sebagai panduan dalam membagi komponen makanan. Letakkan sayuran atau salad sekitar setengah dari piring, protein sekitar seperempat dari piring, dan karbohidrat kompleks seperti biji-bijian utuh dan sayuran berpati sekitar seperempat dari piring. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga