Waspada DBD di Musim Penghujan, Warga Kendari Diminta Lakukan Ini

Fat Matur Rohmah, telisik indonesia
Selasa, 16 November 2021
0 dilihat
Waspada DBD di Musim Penghujan, Warga Kendari Diminta Lakukan Ini
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Foto: Fat Matur Rohmah/Telisik

" Menanggapi hal itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meminta agar masyarakat mewaspadai DBD terlebih pada Desember mendatang, dimana akan memasuki musim penghujan "

KENDARI, TELISIK.ID - Hingga Oktober 2021 kasus demam berdarah (DBD) di Kota Kendari tercatat mencapai 176 kasus, 3 diantaranya meninggal dunia.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meminta agar masyarakat mewaspadai DBD terlebih pada Desember mendatang, dimana akan memasuki musim penghujan.

Diketahui, pada saat musim penghujan populasi Aedes aegypti yang merupakan penyebab demam berdarah akan meningkat karena telur yang belum menetas akan menetas saat habitat perkembangbiakannya mulai tergenang air hujan, sehingga memicu peningkatan penularan penyakit DBD.

“Masyarakat harus waspada terhadap penularan DBD dimana pada bulan Desember akan memasuki musim penghujan,” kata Sulkarnain Kadir, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga: DBD di Kendari Meningkat hingga 176 Kasus, Fogging Bukan Solusi

Baca Juga: Yuk Ketahui 10 Manfaat Gunakan Jilbab, dari Patuhi Syariat hingga Menjaga Kesehatan

Sulkarnain Kadir menekankan masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penambahan kasus DBD di Kota Kendari.

“Imbauan untuk masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan guna untuk mencegah banyaknya penularan kasus DBD di Kota Kendari,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg Rahminingrum mengimbau agar masyarakat untuk terus menerapkan perilaku hidup bersih, serta aktif menerapkan program 3M, menguras, menutup dan mengubur.

Sehingga hal tersebut dapat mencegah penyebaran jentik nyamuk, dengan rutin menguras penampungan air, menutup penampungan air dan mengubur barang barang yang tidak terpakai. (B)

Reporter: Fat Matur Rohmah

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga