944 Peserta CPNS Kendari Lolos SKD, 755 Akan Digugurkan

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 12 Oktober 2021
0 dilihat
944 Peserta CPNS Kendari Lolos SKD, 755 Akan Digugurkan
Peserta CPNS Kota Kendari saat mengikuti SKD di SMP Negeri 5 Kendari. Foto: Musdar/Telisik

" Jika dihitung jumlah formasi dikalikan 3 maka hasilnya 189 orang. Artinya hanya 189 orang yang akan masuk tahap SKB dari 944 yang lolos SKD "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 944 peserta CPNS Kota Kendari dinyatakan lolos passing grade atau ambang batas pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada 6-10 Oktober lalu.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kota Kendari Abdul Salam menyampaikan, untuk masuk tahap tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), sebanyak 755 peserta yang sudah lulus SKD akan gugurkan.

Hal itu karena yang dinyatakan berhak mengikuti SKB adalah peserta yang lolos perangkingan.

"Karena walaupun dia lulus passing grade tapi kalau tidak masuk perangkingan, tidak bisa juga ikut SKB," kata Abdul Salam, Selasa (12/10/2021.

Abdul Salam menerangkan bahwa sesuai ketentuan, peserta yang lolos ke tahap SKB sendiri adalah peserta yang nilainya termasuk 3 kali formasi berdasarkan peringkat tertinggi dari yang memenuhi nilai passing grade.

Adapun 3 kali formasi maksudnya adalah jumlah formasi yang dibutuhkan dikali 3. Misalnya yang dibutuhkan hanya satu orang, maka yang bisa ikut SKB adalah 3 orang (1x3).

"Kitakan 64 formasi, tapikan 1 kosong jadi sisa 63 formasi. 63 ini dikalikan 3," katanya.

Jika dihitung jumlah formasi dikalikan 3 maka hasilnya 189 orang. Artinya hanya 189 orang yang akan masuk tahap SKB dari 944 yang lolos SKD.

Terkait pengumuman nama-nama yang lolos perangkingan, Abdul Salam mengatakan, akan diumumkan pada 16-17 Oktober 2021.

Baca Juga: 11 Tokoh Agama Berebut 5 Kursi Pimpinan BAZNAS Sultra

Baca Juga: Wali Kota Kendari Usulkan Karantina Bagi Altlet dan Official yang Datang dari Papua

"Nantinya yang lolos ini berhak mengikuti SKB," pungkasnya

Terpisah, Kepala BKPSDM Kota Kendari Sudirham menambahkan bahwa pada perangkingan pihaknya tidak bisa melakukan intervensi atas hasil yang dikeluarkan nantinya.

"BKN punya standar sendiri dan punya wewenang penuh untuk menentukan siapa saja, yang lolos berdasarkan passing grade dan perangkingan yang dilakukan. Kamu hanya pelaksana saja," ungkapnya.

Ia pun meminta kepada seluruh peserta untuk tetap tenang dan terus memantau  perkembangannya melalui YouTube BKN terkait live score hasil tes SKD.

"Para peserta bisa memantau hasilnya melalui YouTube BKN dengan men-search UPT BKN Kendari. Di situ tersedia live score-nya. Kami pastikan seleksi CASN kali ini transparan dan akuntabel," terangnya. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga