Abdul Rasyid Sawal: Haruskah Kami Rusuh Agar Kepton Mekar?

Deni Djohan, telisik indonesia
Senin, 16 Desember 2019
0 dilihat
Abdul Rasyid Sawal: Haruskah Kami Rusuh Agar Kepton Mekar?
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Abdul Rasyid Sawal. Foto: Istimewa

" Terkait dengan pemekaran, Papua dipenuhi karena tuntutan. Yang ingin kami sampaikan dari masyarakat kepulauan Buton, haruskah kami rusuh juga agar kepulauan Buton itu mekar. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Sultra, Abdul Rasyid Sawal, menyuarakan percepatan pemekaran Kepulauan Buton (kepton) kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, dalam kegiatan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Jakarta, Minggu (14/12/2019).

"Terkait dengan pemekaran, Papua dipenuhi karena tuntutan. Yang ingin kami sampaikan dari masyarakat kepulauan Buton, haruskah kami rusuh juga agar kepulauan Buton itu mekar," tanya Abdul Rasyid Sawal dengan sedikit mengancam seperti dalam video yang beredar di YouTube.

Sebagai catatan, lanjutnya, pada tahun 1950an, kesultanan Buton resmi menyerahkan kedaulatannya kepada negara Indonesia yang saat itu dijabat, Ir. Soekarno. Dalam pertemuannya di Malino, Soekarno menjanjikan Sultan Buton ke-38, La Ode Muhammad Falihi perlakuan istimewa atau daerah istimewa apabila Buton siap bergabung dengan NKRI seperti hal nya Aceh dan Jogja.

Lebih jauh dikatakan, Buton adalah satu negara. Itu dibuktikan bahwa Buton memiliki mata uang sendiri (kampua), bendera sendiri (longa-longa) dan tak pernah dijajah oleh Belanda.

"Mesti kah kami rusuh agar supaya Kepton ini bisa mekar," tambahnya lagi.

Baca Juga: Pemkab Muna Tanggung Seluruh Iuran BPJS Warganya

Menurutnya, secara geografis Provinsi Kepton sangat layak untuk mekar. Apalagi berkaitan dengan pelayanan publik. Provinsi Sultra terbagi atas dua wilayah yakni wilayah kepulauan dan daratan. Wilayah daratan terdiri dari Kota Kendari, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka, Kolaka Timur dan beberapa kabupaten lainnya. Sedangkan wilayah yang saat ini merupakan cakupan calon Provinsi Kepulauan Buton adalah, Kota Baubau, Buton, Buton Selatan (empat pulau), Buton Tengah (tiga pulau), Buton Utara dan Wakatobi (lebih empat pulau).

"Secara geografis, Kepton ini sangat memenuhi syarat yang berkaitan dengan pelayanan. Karena ibu kota Provinsi Sultra itu ada di daratan, sedangkan calon Provinsi Kepton ini berada di kepulauan," tutupnya.

Reporter: Deni Djohan
Editor: Sumarlin

Baca Juga