Ada Feri Gratis di Penyeberangan Maligano-Raha

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 17 April 2023
0 dilihat
Ada Feri Gratis di Penyeberangan Maligano-Raha
Pemerintah Kabupaten Muna telah menyediakan kapal feri melalui PT Pelni yang mengangkut masyarakat dengan rute Raha-Maligano secara gratis. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023 perlahan merangkak naik. Sejumlah perantau sudah mulai mudik ke kampung halaman, tidak terkecuali perantauan di Kota Kendari asal pulau Muna yang setiap tahun memadati seluruh penyeberangan laut "

KENDARI, TELISIK.ID - Puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023 perlahan merangkak naik. Sejumlah perantau sudah mulai mudik ke kampung halaman, tidak terkecuali perantauan di Kota Kendari asal pulau Muna yang setiap tahun memadati seluruh penyeberangan laut.

Belum banyak yang mengetahui pemerintah Kabupaten Muna telah menyediakan kapal Fery melalui PT Pelni yang mengangkut masyarakat dengan rute Raha-Maligano secara gratis dan untuk kendaraan roda dua hanya dikenakan jasa buruh angkat kendaraan sebesar Rp15.000 per kendaraan.

Dari pantauan Telisik.id, kapal Feri penyeberangan dengan rute Maligano-Raha terlihat sunyi penumpang, hal tersebut berbanding terbalik dengan padatnya penyebranan Feri Amolengo-Labuan yang dipadati pengendara.

Baca Juga: Dishub Konawe Kepulauan Siapkan 6 Posko Arus Mudik

Salah satu penumpang kapal Feri Maligano-Raha, Faisal Efendi mengatakan, baru tau ada kapal feri gratis yang menyeberang memuju Raha dari Maligano.

"Saya dari Kendari mau pulang ke Raha, biasanya saya lewat penyebrangan Torobulu-Tampo tetapi karena lonjakan pemudik jelang lebaran saya memutuskan untuk lewat Amolengo-Labuan dan rencana akan kembali menyeberang menggunakan spit di Maligano tetapi karena ada kapal ini jadi saya naik kapal ini," ujar Faisal, Senin (17/4/2023).

Untuk diketahui kapal feri rute Maligano-Raha ini beroperasi hanya di hari Senin dan Sabtu. Dari Raha pukul 08.00 Wita dan menyebrang dari Maligano pukul 02.00 Wita. Jarak tempuh kapal ini kurang lebih 2 jam.

Kapal ini mulai beroperasi pada tahun 2019 hingga saat ini, namun masih banyak masyarakat yang belum tau dengan adanya kapal gratis ini.

Baca Juga: Jelang Lebaran Pelabuhan Penyeberangan Feri Amolengo-Labuan Dipadati Pemudik

Seperti yang diungkapkan salah satu penumpang, La Ode Latif yang juga baru mengetahui informasi adanya kapal ini melalui ABK kapal spit yang ada di pelabuhan.

"Tadi rencana kami akan menyeberang menggunakan spit ternyata kata ABK-nya ada kapal feri gratis yang akan jalan, jadi saya dan rekan-rekan saya naik kapal ini," jelasnya.

Kapal feri ini juga menyediakan fasilitas berupa kursi yang nyaman, AC dan kelengkapan kapal lainnya. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga