Ada Pungli? Bupati Muna Minta Warga Segera Lapor

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 29 Juli 2021
0 dilihat
Ada Pungli? Bupati Muna Minta Warga Segera Lapor
Bupati Muna, LM Rusman Emba (batik kream) bersama Forkopimda usai sosialisasi pemberantasan Pungli. Foto: Sunaryo/Telisik

" Bupati Muna, LM Rusman Emba, tak mau dengar adanya pungutan liar yang terjadi pada organisasi perangkat daerah. "

MUNA, TELISIK.ID - Bupati Muna, LM Rusman Emba, tak mau dengar adanya pungutan liar (Pungli) yang terjadi pada organisasi perangkat daerah (OPD).

Ia meminta pada seluruh masyarakat bila dimintai uang ketika berurusan di pemerintahan tanpa dasar yang jelas, agar segera melaporkan pada aparat penegak hukum.

"Praktek Pungli itu merupakan kejahatan tindak pidana yang harus kita berantas," tegas Rusman di sela-sela sosialisasi Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP), Kamis (29/7/2021).

Komitmen Pemkab dalam mencegah dan memberantas Pungli dan korupsi, telah ditekankan pada setiap rapat koordinasi (Rakor) lintas OPD dan pelantikan pejabat melalui penandatanganan pakta integritas.

"Segala sesuatu yang merusak tatanan yang tidak sesuai dengan aturan, harus kita cegah," terangnya.

Baca juga: Satgas COVID-19 Koltim Target Rapid Test 200 Jiwa Sehari

Baca juga: Pasien COVID-19 di Manggarai Kabur dari RSUD, Begini Ceritanya

Sementara itu, Auditor Kepolisian Madya III Polda Sultra, Kombes Pol Bambang Cahyo Bawono yakin dalam pemerintahan masih terjadi praktek Pungli walaupun jumlahnya kecil.

Untuk itu, dibutuhkan kerja sama dari Pemkab dan stakeholder melakukan pengawasan, sehingga praktek Pungli dapat diminimalisir.

"Kita harus menjadikan pemerintahan yang bersih dengan tata kelola yang baik," ujarnya.

Di Sultra sudah ada UPP. Dasar pembentukannya sesuai Perpres nomor  87 tahun 2016 yang ditindaklanjuti dengan SK gubernur nomor 205 tahun 2021 yang memiliki tugas dan kewenangan untuk mencegah dan memberantas Pungli.

Pungli biasanya terjadi antara orang perorangan dan organisasi. Bentuknya adalah memungut uang pada masyarakat secara paksa pada orang lain.

"Di daerah bisa juga membentuk tim Saber Pungli, tinggal nantinya saling berkoordinasi," terangnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga