Agrowisata Stable Buka Kelas Berkuda dengan Fasilitas Lengkap

Apriadi Mayoro, telisik indonesia
Sabtu, 20 Januari 2024
0 dilihat
Agrowisata Stable Buka Kelas Berkuda dengan Fasilitas Lengkap
Agrowisata California buka kelas berkuda untuk majukan olahraga berkuda di Sulawesi Tenggara. Foto: Agrowisata Stable

" Agrowisata Stable buka kelas berkuda untuk mengembangkan dan memajukan olahraga berkuda di Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Sukses menggelar perlombaan berkuda pertama di Sulawesi Tenggara pada 6 Januari 2024 lalu, Agrowisata Stable buka kelas berkuda untuk mengembangkan dan memajukan olahraga berkuda di Sulawesi Tenggara.

La Mimim, Direktur Agrowisata California, menjelaskan alasan di balik keputusannya membuka kelas berkuda. Selain dari keinginan untuk mengangkat olahraga sunnah, ia juga bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan popularitas olahraga berkuda di Sulawesi Tenggara.

“Kita ingin membumikan olahraga berkuda di Sulawesi Tenggara, menjadi ikon kita, karena memang dari dulu sudah ada ikon berkuda, tapi itu beradu kuda,” ungkapnya, Jumat (19/1/2024).

Ia berharap dengan dibukanya kelas berkuda ini, akan melahirkan atlet-atlet nasional yang bisa membanggakan Sulawesi Tenggara melalui kejuaraan lokal, nasional dan bahkan internasional.

Agrowisata Stable menawarkan program pelatihan berkuda meliputi program pemula, program lanjutan dan program kompetisi. Ketiga program ini akan dipandu oleh para pelatih yang berpengalaman dan bersertifikat.

“Sekolah berkuda dimulai dari program pemula, setelah paham, maka kemudian akan diberikan pilihan untuk program lanjutan, seperti Jumping, untuk program kompetisi, itu persiapan untuk kejuaraan berkuda nantinya,” jelas La Mimin.

Pada program pemula, peserta akan diajarkan bagaimana cara pemakaian alat berkuda, menaiki dan menjaga keseimbangan berkuda, cara mengontrol tali kendali, mengontrol kondisi kuda, dan cara mengendarai kuda dengan kecepatan rendah.

Baca Juga: Agrowisata California Bakal Adakan Jumping Show se-Sulawesi

Untuk program lanjutan, peserta akan diajarkan tentang basic riding, seperti Trot, Canter dan Jumping. Peserta akan diajari bagaimana mengendarai dalam teknik berjalan kuda yang lambat, sedang, cepat dan teknik melompat.

“Untuk program lanjutan, kita arahkan dia untuk basic riding dulu, dasar-dasar untuk berkuda, juga kan kadang ada yang sudah bisa berkuda, tapi masih belum tahu dasar-dasarnya, jadi kita ajarkan,” ungkap Agus Wahyudi, pelatih kuda Agrowisata Stable, melalui sambungan telepon, Jumat (19/1/2024).

Pada teknik Jumping, pelatih akan mengajarkan cara mengendarai kuda untuk melewati rintangan biasa, rintangan silang, juga mengendari kuda dengan kecepatan sedang dengan melompati rintangan ketinggian 50 cm dan akan diajarkan mengendarai kuda dalam kecepatan tinggi.

“Kalo di Jumping, dasarnya harus tahu haluan kuda, terus menguasai emosi kita dan kuda, juga tempo lompatan kuda,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Agrowisata Stable juga menyediakan materi kompetisi, dimana program ini akan melahirkan atlet-atlet berkuda di Sulawesi Tenggara, dengan melatih para peserta sesuai dengan standar kompetisi berkuda dari Pordasi.

“Program kompetisi, kita arahkan untuk ke atlet kan, dia mau ke equestrian, mau jumping kah, atau mau dressage, kalo di pacu, mungkin mau joki atau pelatih, itu yang diajarkan,” jelasnya.

Dalam materi kompetisi, peserta akan melakukan latihan sesuai standar lomba Pordasi, latihan rutin, kemahiran dalam mengendarai kuda, menjaga keseimbangan, dan melewati rintangan (jumping), dimana peserta akan belajar menyesuaikan waktu, sesuai aturan dan standar waktu yang ditentukan dalam perlombaan.

Sebagai pelatih, Agus Wahyudi, mengatakan bahwa ia akan memberikan semua ilmunya agar bisa melahirkan generasi berkuda di Sulawesi Tenggara, karena baginya, mungkin ia akan balik ke Pulau Jawa, jadi ia sangat menyukai jika ada yang menanyakan dan mau belajar berkuda.

Untuk menjadi member, peserta kelas berkuda bisa membayar Rp 700.000 untuk 5 kali pertemuan dengan waktu 45 menit/pertemuan. Paket ini sudah mencakup program kelas berkuda, yaitu program pemula, lanjutan dan materi kompetisi.

Untuk memberikan kenyamanan bagi para peserta, Agrowisata Stable menyediakan fasilitas lengkap, seperti kelengkapan peralatan kuda, area gelanggang yang luas, area kandang kuda, tempat istirahat (gazebo dan villa), resto area, area panahan, kolam renang dan tersedia area parkir yang luas.

Untuk mengetahui lebih lanjut program kelas berkuda atau ingin melakukan pendaftaran kelas berkuda di Agrowisata Stable, pihak penyedia jasa menyediakan nomor telepon, Wahyu: 0858 7690 5053, dan Lia: 0822 4711 7547. Sampai saat ini, member latihan berkuda Agrowisata Stable sudah mencapai 30 orang.

Selain kelas berkuda, Agrowisata Stable juga sediakan wisata berkuda, dimana pengunjung bisa mencoba menaiki kuda berkeliling lapangan, hanya perlu membayar Rp 30.000 untuk 2 dua kali putaran.

Baca Juga: Agrowisata California Adakan Kejuaraan Berkuda Pertama di Sulawesi Tenggara

Tersedia juga Horse Tracking, pengunjung bisa membayar Rp 200.000/jam. Dengan ini, mereka akan diajak berkeliling di area Agrowisata California dengan menunggang kuda.

Menyediakan juga jasa photo shoot, seperti keperluan foto prewedding, dengan menggunakan kuda-kuda terbaik yang ada di Agrowisata Stable. Untuk menggunakan jasa ini, tarif foto shoot berkisar Rp 200.000/jam.

Agrowisata Stable terletak di Desa Tanea, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan. Pengunjung akan melewati area perkebunan masyarakat Tanea, karena mayoritas masyarakat di area tersebut adalah petani.

Sebelumnya, Agrowisata California telah berhasil menyelenggarakan kejuaran berkuda pertama di Sulawesi Tenggara melalui kejuaraan Jumping Show Sultra Berkuda selama dua hari (6-7 Januari 2024).

Muhammad Sudarmaji, rider Agrowisata Stable, berhasil menyabet medali emas pada kategori lompatan 40 cm, mengalahkan beberapa peserta dari luar provinsi. Selain atlet, kuda Agrowisata Stable, Pegasus, banyak digunakan rider dan mendapatkan juara. (B)

Penulis: Apriadi Mayoro

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga