Aksi Begal Ramadan di Negara Muslim Ini, Bukan Kriminal tapi Ajak Orang Buka Puasa

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 06 April 2023
0 dilihat
Aksi Begal Ramadan di Negara Muslim Ini, Bukan Kriminal tapi Ajak Orang Buka Puasa
Sudan merupakan salah satu negara yang terletak di benua Afrika. Jika dilihat seksama, letak Sudan tepat berada di jantung benua Afrika. Foto: Kemenlu.go.id

" Sudan merupakan salah satu negara yang terletak di benua Afrika. Jika dilihat seksama, letak Sudan tepat berada di jantung benua Afrika "

SUDAN, TELISIK.ID - Sudan merupakan salah satu negara yang terletak di benua Afrika. Jika dilihat seksama, letak Sudan tepat berada di jantung benua Afrika.

Negara ini juga memiliki julukan Negeri Dua Nil karena di negara inilah bertemunya dua Sungai Nil, yaitu Nil Biru dan Nil Putih. Dari jumlah penduduknya, mayoritas masyarakat Sudan memeluk agama Islam. Suasana Islamnya mirip seperti Indonesia, namun memiliki beberapa perbedaan.

Misalnya, jika di Indonesia masyarakatnya banyak bermazab Syafii, mayoritas masyarakat Sudan bermazab Maliki. Dilansir dari detik.com, ujian sesungguhnya hidup di Sudan ada ketika bulan ramadan. Kita diharuskan berpuasa di atas suhu stabil 40° Celsius. Total lamanya berpuasa di Sudan sekitar 13 jam. Mulai azan Subuh pukul 05.00 hingga azan Magrib berkumandang kisaran pukul 19.30.

Baca Juga: Air Laut Semakin Naik Dampak Perubahan Iklim

Diketahui terdapat fenomena unik di negara bernama Sudan pada bulan ramadan. Saat ramadan, terjadi pembegalan di Sudan dan hal itu dilakukan secara massal.

Namun massa begal ini bukan untuk merampok pengendara agar menyerahkan harta bendanya. Melainkan begal dengan jumlah puluhan orang bahkan ratusan orang, membegal para pengendara dengan menghentikannya.

Lalu begal ini menyuruh mereka untuk keluar dari mobil dan berbuka bersama, dan mereka telah menyiapkan hidangan berbuka. Melansir Jurnalsoerang.com, bahkan saling berebut untuk menyambut para pengendara untuk memakan makanan yang mereka hidangkan.

Fenomena pembegalan ini terjadi hampir di setiap sudut negeri Sudan. Rumah-rumah menggelar tikar di depan rumah mereka, untuk orang lain datang berbuka.

Baca Juga: Arab Saudi Eksekusi Mati Tahanan di Bulan Ramadan, ini Alasannya

Mereka menyediakan aneka makanan dan minuman khas Sudan dengan cuma-cuma. Hal ini mereka lakukan di setiap hari selama ramadan sebulan penuh!

Sungguh menakjubkan. Apalagi melihat Sudan yang bukanlah sebuah negeri yang berlimpah kekayaan. Bahkan Sudan termasuk negeri ekonominya miskin, tapi kedermawanan mereka begitu luar biasa untuk memuliakan orang yang berpuasa di bulan ramadan. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga