Aktivitas Belajar Siswa SD di Batauga Buton Selatan Bertransformasi ke Era Digital

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Kamis, 18 Januari 2024
0 dilihat
Aktivitas Belajar Siswa SD di Batauga Buton Selatan Bertransformasi ke Era Digital
Suasana ruang guru yang tengah menggunakan Chromebook. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Sekolah dasar di Kecamatan Batauga, Buton Selatan dalam melaksanakan proses pembelajaran sudah masuk pada tahap digitalisasi "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Sekolah dasar di Kecamatan Batauga, Buton Selatan dalam melaksanakan proses pembelajaran sudah masuk pada tahap digitalisasi. Salah satunya dengan pelaksanaan Assessment yang mana difasilitasi dengan penggunaan chromebook.

Chromebook adalah perangkat keras (hardware) jenis baru yang dirancang khususnya pada sektor pendidikan, guna memudahkan dalam proses belajar dan mengajar antara siswa dan guru di kelas.

Meskipun baru mulai diperuntukkan untuk siswa dari kelas 4, 5 dan kelas 6 tingkat sekolah dasar atau SD di Batauga, Buton Selatan, namun implementasinya terbukti membantu aktivitas pembelajaran di sekolah.

Baca Juga: SAR Hentikan Pencarian Nelayan Hilang di Teluk Lande Buton Selatan

"Adanya chromebook sangat membantu dalam proses mengajar terutama dalam proses assessment," kata Rosdiana, Kepala SD Negeri 1 Laompo, Batauga, Buton Selatan, Senin (15/1/2024).

Rosdiana mengatakan, dengan adanya fasilitas chromebook saat ini para peserta didik di SD Negeri 1 Laompo sudah tidak kaku dengan penggunaan teknologi tersebut.

"Adanya chromebook juga sangat membantu para siswa-siswi di sini tidak lagi kaku dengan penggunaan TIK," ujarnya.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 2 Busoa, Sumarti turut mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, sejak tahun 2020 sekolah yang dipimpinnya telah menggunakan chromebook di beberapa aktivitas pembelajaran.

"Chromebook mulai berjalan dari tahun 2020, saat itu kita masih pinjam. Namun secara pelaksanaannya kami gunakan pada assessment dan juga pada ujian sekolah," ungkap Sumarti saat diwawancarai disela-sela aktivitasnya.

Meskipun saat ini tingkat sekolah dasar di Kecamatan Batauga, Buton Selatan masih minim tenaga ajar di bidang IT. Namun antusias para guru yang ada di tingkat sekolah dasar begitu tinggi dalam menyambut era digitalisasi.

Untuk itu, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Selatan bekerjasama dengan BMP mengundang para guru di tingkat SD dan SMP di Kabupaten Buton Selatan untuk menghadiri sosialisasi penggunaan chromebook di sekolah.

"Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Selatan bekerjasama dengan BPMP (Balai Penjaminan Mutu Pendidikan) dalam sosialisasi penggunaan chromebook kepada guru-guru tingkat SD dan SMP di Kabupaten Buton Selatan," kata Jalaluddin, Kepala SD Negeri 1 Masiri Batauga, Buton Selatan, pada wawancara Kamis (18/1/2024).

Baca Juga: Peserta PPPK di Buton Selatan Belum Dapat Kejelasan Pembatalan SKTT

Ia menambahkan, semua tenaga pengajar yang ada di SD Negeri 1 Masiri sudah mempunyai akun belajar.id untuk mempermudah aktivitas pembelajaran kepada 254 siswa di sekolah tersebut.

"Semua guru di SD Negeri 1 Masiri sudah punya akun belajar.id," ujar Jalaluddin.

Diketahui, jumlah chromebook yang diterima tiap-tiap sekolah tingkat SD di Batauga, Buton Selatan rata-rata berjumlah 15 unit serta dilengkapi juga dengan pengadaan lab komputer di masing-masing sekolah. (A)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga