Anda Pensiunan? Ini 7 Peluang Bisnis yang Cocok bagi Anda

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 16 Januari 2021
0 dilihat
Anda Pensiunan? Ini 7 Peluang Bisnis yang Cocok bagi Anda
Seorang pensiunan yang menyibukkan dirinya dengan memulai bisnis. Foto: Repro futuready.com

" Saat ini, banyak sekali peluang bisnis yang dapat dijalankan dengan mudah, bahkan bagi seorang pensiunan sekalipun. Dengan keterampilan yang dimiliki, seorang pensiunan dapat memulai bisnis paruh waktu dan dapat dijalankan sebagai bisnis rumahan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian orang merasa khawatir ketika akan masuk masa pensiun. Dalam benaknya, yang ada bahwa pensiunan tidak banyak lagi yang bisa dilakukan, bahkan aktivitas sehari-hari hanya tinggal di rumah dan sesekali keluar jalan-jalan.

Namun memasuki masa pensiun bukan berarti harus berhenti total dari segala aktivitas produktif. Sebagian orang memilih menggunakan waktu pensiunnya untuk mulai sesuatu yang baru, salah satunya membuka bisnis.

Apalagi, menjadi seorang pensiunan bisa jadi sudah tidak ada lagi penghasilan yang diterima, sebagaimana saat masih jadi pegawai atau karyawan.

Saat ini, banyak sekali peluang bisnis yang dapat dijalankan dengan mudah, bahkan bagi seorang pensiunan sekalipun. Dengan keterampilan yang dimiliki, seorang pensiunan dapat memulai bisnis paruh waktu dan dapat dijalankan sebagai bisnis rumahan.

Dilansir dari okezone.com yang mengutip The Balance Small Business berikut ini beberapa peluang bisnis terbaik yang dapat mulai dilakukan oleh para pensiunan:

1. Sopir

Banyak lansia atau orang-orang tertentu yang tidak mau atau tidak bisa mengemudi sendiri dan membutuhkan jasa sopir. Maka jika memiliki kepribadian yang ramah dan suka mengemudi, ini bisa menjadi peluang bisnis yang ideal.

Baca juga: Wins Elektronik Murah dan Terlengkap di Kota Kendari

2. Pemandu Wisata

Memiliki hobi jalan-jalan? Menjadi pemandu wisata bisa menjadi peluang bisnis yang menyenangkan. Tugasnya menjadi orang yang mendampingi wisatawan dari satu lokasi ke lokasi lain. Akan lebih baik jika memiliki keterampilan multibahasa dan pengalaman perjalanan sebelumnya (terutama ke tujuan perjalanan yang diinginkan wisatawan).

3. Seni dan Kerajinan

Jika memiliki keterampilan artistik seperti suka melukis, menjahit, membuat keramik, kerajinan kayu, atau bentuk karya seni dan kerajinan lainnya, bisa diubah menjadi bisnis pensiunan. Hasilnya nanti bisa dijual di pameran kerajinan lokal, pasar, atau bahkan pusat perbelanjaan (mal).

4. Bimbingan Belajar

Peluang bisnis bagi pensiunan lainnya adalah membuka jasa bimbingan belajar. Untuk menjadi tutor, dibutuhkan pengalaman mengajar, kemampuan komunikasi yang baik dan dapat diandalkan, kesabaran, tepat waktu, terorganisir dengan baik dan tentunya pengetahuan tentang mata pelajaran.

5. Layanan Menjaga Hewan Peliharaan

Suka merawat dan menyayangi hewan? Maka peluang bisnis ini akan sangat pas untuk dijalankan. banyak pemilik hewan yang perlu bepergian, sehingga membutuhkan layanan penitipan hewan peliharaan. Mereka bersedia membayar untuk meminta seseorang menjaga hewan peliharaannya saat mereka pergi.

6. Layanan Penerjemah

Menjadi penerjemah bahasa juga bisa menjadi bisnis pensiun yang ideal. Yang dibutuhkan untuk menjadi penerjemah adalah keterampilan menulis yang sangat baik dalam dua bahasa atau lebih, perhatian terhadap detail, keterampilan analitis, dan etika profesional tingkat tinggi. Pengetahuan tingkat tinggi tentang industri tertentu dapat memungkinkan penerjemah untuk berspesialisasi.

7. Menulis Buku

Dalam menulis sebuah buku memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Apalagi, konsentrasi juga sangat dibutuhkan saat sedang menulis. Maka, profesi menjadi seorang penulis sangat cocok untuk para pensiunan sebab mereka sudah banyak waktu dan punya fokus yang bisa diatur. Mengingat tidak ada lagi kegiatan kantor yang menuntut waktu, tenaga dan pikiran. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga