Anggaran Pulsa Rp 7,2 Triliun, Subsidi untuk Mahasiswa Diperpanjang sampai Desember

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 08 September 2020
0 dilihat
Anggaran Pulsa Rp 7,2 Triliun, Subsidi untuk Mahasiswa Diperpanjang sampai Desember
Subsidi kuota bagi pelajar dan mahasiswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring akibat COVID-19. Foto: Repro Google.com

" Subsidi pulsa untuk mahasiswa akan diperpanjang sampai Desember 2020. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menganggarkan total Rp 7,21 triliun untuk subsidi kuota bagi pelajar dan mahasiswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring.

Untuk anggaran kuota bagi pengajar, saat ini sedang dihitung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kemenkeu, Rahayu Puspasari mengatakan, anggaran sebesar Rp 7,21 triliun ini berasal dari anggaran tambahan sebesar Rp 6,72 triliun untuk Kemendikbud dari dana cadangan APBN 2020 dan dari realokasi anggaran Kemendikbud sebesar Rp 492,8 miliar.

"Subsidi pulsa untuk mahasiswa akan diperpanjang sampai Desember 2020," kata Rahayu dalam laman Kemenkeu, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Modul Kurikulum Bagi SD dan PAUD Disederhanakan

Bahwa dengan rincian, subsidi kuota ini akan diberikan selama 4 bulan dari September hingga Desember 2020 sebesar 35 GB per bulan untuk 39,78 juta siswa, dan 50 GB per bulan untuk 8,24 juta mahasiswa.

"Sedangkan untuk guru 42 GB perbulan dan dosen sebesar 50 GB perbulan," jelasnya.

Subsidi kuota internet untuk sektor pendidikan ini merupakan tambahan anggaran PEN dalam cluster Sektoral K/L dan Pemda melalui Kemendikbud sehingga kewenangan untuk mengalokasikan dan mendistribusikan subsidi kuota internet tersebut ada pada Kemendikbud.

"Mahasiswa yang dimaksud pada KMK 394/2020 ini adalah mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi negeri/kedinasan. Mereka mendapatkan biaya paket data dari perguruan tingginya," terangnya.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga