Mahasiswa UHO Berharap Ada Perpanjangan Pembayaran UKT

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Minggu, 12 Februari 2023
0 dilihat
Mahasiswa UHO Berharap Ada Perpanjangan Pembayaran UKT
Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) berharap ada kebijakan perpanjangan waktu pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dari rektor. Foto: Rasmin Jaya/Telisik

" Pembayaran UKT mahasiswa UHO dimulai pada tanggal 1 hingga 10 Februari 2023 dan sampai saat ini belum ada informasi soal perpanjangan waktu pembayaran "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari berharap ada kebijakan perpanjangan waktu pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Diketahui, pembayaran UKT mahasiswa UHO dimulai pada tanggal 1 hingga 10 Februari 2023 dan sampai saat ini belum ada informasi soal perpanjangan waktu pembayaran.

Tak bisa dipungkiri, hampir setiap semester selalu ada masalah keterlambatan pembayaran UKT oleh mahasiswa. Hal ini banyak disebabkan oleh kondisi ekonomi dan keterlambatan kiriman orang tua.

Baca Juga: Penggunaan ChatGPT bagi Mahasiswa, Tugas Kuliah Makin Mudah

Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) UHO, Aldian mengatakan, banyaknya keluhan mahasiswa yang masuk, tentunya lembaga kemahasiswaan mengambil peran melakukan pendataan mahasiswa yang tersendat pembayaran UKT dengan membagikan link Google Form untuk diisi oleh setiap mahasiswa yang terkendala.

"InsyaAllah besok malam akan kami rampungkan data keluhan mahasiswa, agar Senin kita ajukan kepada rektor untuk menjadi pertimbangan," ujarnya, Sabtu (12/2/2023).

Sejauh ini, yang mengisi data pada Google Form sebanyak 140 mahasiswa dan kemungkinan akan terus bertambah jumlahnya, yang mana datanya nanti akan dijadikan fundamen dalam mengajukan permohonan perpanjangan pembayaran UKT.

Mereka berharap Rektor UHO mempertimbangkan mahasiswa yang terkendala pembayaran UKT dan membuat kebijakan perpanjangan waktu pembayaran.

Ia menambahkan, sangat disayangkan dengan jumlah mahasiswa sebanyak itu, mereka terpaksa harus terdata sebagai mahasiswa cuti liar karena tak mampu.

"Ini kan bukan persoalan siapa suruh kuliah tapi kendalanya tak mampu bayar uang kuliah tunggal. Semoga pihak universitas mempertimbangkan," katanya.

Salah satu mahasiswa Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UHO, Aminnun Hadan Zamri, mengaku terlambat membayar UKT karena terlambatnya kiriman dari orang tua.

"Kemarin siang kan sempat mengantre juga untuk bayar UKT, tapi karena banyaknya antrean sehingga sampai sore tidak dapat giliran," keluhnya.

Baca Juga: Pelajar Asal Kendari Raih Gelar Duta Siswa Inspiratif Indonesia

Dia berharap Rektor UHO mengeluarkan kebijakan perpanjangan waktu untuk pembayaran UKT, agar bisa lanjut studi dan tidak cuti liar.

Sementara Bendahara Umum Universitas Halu Oleo (UHO), Gunawan saat dikonfirmasi lewat WA mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan rektor.

Dia menegaskan, sampai saat ini belum ada kebijakan perpanjangan waktu pembayaran UKT yang dikeluarkan oleh rektor. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga