Angka Kemiskinan di Madura Masih Tinggi, Surabaya Jajaki Sister City dengan Sampang

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 01 Maret 2021
0 dilihat
Angka Kemiskinan di Madura Masih Tinggi, Surabaya Jajaki Sister City dengan Sampang
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa. Foto: Ist.

" Saya ingin mengajak semacam sister city, ada SDM-SDM dari Surabaya yang akan mensupport percepatan penguatan IPM di Sampang. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Kota Surabaya menjajaki kerjasama sister city dengan Kabupaten Sampang Madura, sebagai upaya untuk mengungkit kesejahteraan bagi masyarakat Madura.

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sister city tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengurangi ketimpangan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 82,23 persen, di atas rata-rata provinsi sebesar 71,71 persen atau berada pada kategori sangat tinggi.

Capaian IPM Kota Surabaya yang tertinggi di Jawa Timur. Sedangkan IPM Kabupaten Sampang dengan angka 62,16 persen, terendah di Jawa Timur.

Baca juga: Insentif Dokter di Muna Tak Cukup, Dewan Berikan Solusi

"Saya ingin mengajak semacam sister city, ada SDM-SDM dari Surabaya yang akan mensupport percepatan penguatan IPM di Sampang," kata mantan mensos ini saat di temui di DPRD Surabaya, Senin (1/32021).

Wanita yang juga Ketum Muslimat NU ini mengatakan, sister city tersebut perlu dilakukan, mengingat PDRB Kota Surabaya menyumbang 24,11 persen terhadap PDRB Jawa Timur.

Sementara PDRB Jatim sendiri menyumbang 14,67 persen terhadap PDRB Nasional. Oleh sebab itu, ia meminta agar apa yang telah dicapai Kota Surabaya untuk tetap dipertahankan, dan bahkan lebih ditingkatkan lagi.

"Ini menjadi bagian yang penting, ini tidak boleh ada pelemasan atau pelemahan. Jadi semua harus pada proses percepatan untuk membangun kebangkitan ekonomi di Jawa Timur, terutama episentrumnya dan yang menjadi sentra ini adalah Surabaya," jelasnya. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga