Investor Korea Selatan Tertarik Industri Kemaritiman dan Perikanan Baubau

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Sabtu, 31 Oktober 2020
0 dilihat
Investor Korea Selatan Tertarik Industri Kemaritiman dan Perikanan Baubau
Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse bersama Investor asal Korea Selatan di Rujab Wawali. Foto: Ist.

" Maksud kedatangan calon investor tersebut adalah ingin melihat peluang industri perikanan di kawasan Baubau dan sekitarnya. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Kota Baubau memiliki potensi besar untuk pembangunan Industri perikanan dan kemaritiman.

Baubau memiliki letak geografis yang sangat strategis untuk pengembangan Industri perikanan terpadu dan juga merupakan daerah yang berada di tengah-tengah kawasan Indonesia.

Melihat potensi tersebut, Kyeong-Sik Jang seorang investor asal Korea Selatan didampingi Tom Jeong, mantan penasehat pada Lemdiklat Polri dan  Kalla Cho seorang Konsultan di bidang Industri kemaritiman dan perikanan yang difasilitasi oleh Halim Kalla, seorang pengusaha nasional, menawarkan investasi di Kota Baubau.

Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse yang menerima kunjungan calon investor dari Korea Selatan (Korsel) di rumah jabatannya  beberapa waktu lalu mengungkapkan, kedatangan calon investor dari Korea Selatan tersebut mempunyai tujuan untuk menawarkan investasi di Kota Baubau.

“Maksud kedatangan calon investor tersebut adalah ingin melihat peluang industri perikanan di kawasan Baubau dan sekitarnya," jelas La Ode Ahmad Monianse, Jumat (30/10/2020)

"Tujuannya agar membangun industri perikanan terpadu dengan adanya kepastian pasar, utamanya adalah pasar Korea,” ujarnya.

Baca juga: Kapolres Muna: Kami Bekerja Bukan Karena Pesanan

La Ode Ahmad Monianse juga mengungkapkan bahwa tawaran tersebut merupakan peluang yang baik untuk Kota Baubau dalam membangun industri perikanan dan kemaritiman.

“Kita sangat senang dengan adanya peluang tersebut, maka  kebetulan bapak wali kota telah kembali dari luar daerah, maka Insyaallah dalam waktu dekat  akan dilaporkan kepada beliau apa yang menjadi pembahasan dengan calon investor," katanya.

"Kami juga akan pelajari kembali beberapa opsi yang ditawarkan. Mana yang cocok dengan daerah, itu yang kita usulkan. Tentunya kita juga harus mengacu pada regulasi yang berlaku, karena ini penanaman modal asing,” imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan, sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, pihaknya bersama dinas terkait akan merumuskan usulan proposalnya.

"Proposal tersebut akan didiskusikan kembali dengan Halim Kalla. Pasalnya, selain punya hubungan baik dengan Wali Kota Baubau, Halim Kalla juga memiliki hubungan baik dengan calon investor dari Korsel tersebut," tambahnya.

Halim Kalla menfasilitasi Pemkot Baubau dengan calon Investor dari Korea Selatan, karena ingin membantu pengembangan Industri di Baubau. (C)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga