Anti Selingkuh, Ini Hewan Paling Setia di Dunia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 06 Juli 2022
0 dilihat
Anti Selingkuh, Ini Hewan Paling Setia di Dunia
Angsa merupakan salah satu hewan setia, yang ogah cari pasangan lagi ketika salah satu di antara mereka mati. Foto: Repro Sindonews.com

" Tak sedikit hewan memiliki tingkat kesetiaan bahkan terkadang mampu melewati tingkat kesetiaan manusia "

KENDARI, TELISIK.ID - Kesetiaan tidak hanya diungkapkan dan dimiliki oleh manusia. Ternyata, hewan juga memiliki insting dan rasa setia terhadap pasangannya. Meski pasangannya sudah mati, mereka betah menyendiri dan ogah cari pasangan lagi.

Tak sedikit hewan memiliki tingkat kesetiaan bahkan terkadang mampu melewati tingkat kesetiaan manusia.

Menurut World Wildlife Foundation (WWF), sekitar lima persen dari semua spesies mamalia dan 90 persen spesies burung adalah monogami, yang berarti bahwa mereka memilih pasangan dan tetap bersama mereka melalui suka dan duka.

Dilansir dari kumparan.com, berikut ini 9 hewan yang paling setia di dunia:

1. Burung Merpati

Merpati dan dara termasuk dalam famili Columbidae atau burung berparuh merpati dari ordo Columbiformes, yang mencakup sekitar 300 spesies burung kerabat pekicau. Dalam percakapan umum, istilah "dara" dan "merpati" dapat saling menggantikan.

Burung merpati termasuk salah satu hewan yang setia pada pasangannya, mereka hanya akan mencari satu pasangan untuk seumur hidup. Selain itu, burung merpati jantan akan membuat sarang agar ia dan pasangannya bisa mengerami telur sampai telurnya menetas.

2. Angsa

Dikutip dari IDNTimes.com, angsa adalah binatang yang hidup berpasangan. Pada musim dingin, mereka mencari pasangan yang potensial. Lalu, angsa akan berenang mendekat satu sama lain dan melakukan gerakan leher khasnya.

Baca Juga: Hentikan Kebiasaan Berselingkuh dengan 6 Cara Ini

Setelah bertelur, sang betina akan merawatnya dan sang jantan akan menggantikan sesekali. Mereka membangun hubungan jangka panjang dengan pasangan mereka. Bahkan, setelah pasangannya mati, mereka gak akan pernah mencari pasangan lain lagi

3. Buaya

Reptil yang satu ini hanya akan kawin satu kali seumur hidup. Hal itu telah dibuktikan oleh penelitian dari Savannah River Ecology Laboratory yang menyebutkan bahwa 70 persen buaya akan memilih pasangan yang sama setiap musim kawin tiba.

Dilansir dari sindonews.com, penelitian tentang buaya dilakukan Suaka Margasatwa Rockefeller (Rockefeller Wildlife Refuge/RWR) dilakukan selama 10 tahun dan dipublikasikan sekitar tahun 2009. Suaka Margasatwa Rockefeller seluas 76.000 hektare (Ha), lokasinya memanjang sejauh 26 mil di sepanjang garis pantai di teluk Long Island Sound.

Hasilnya, membuat para peneliti terkejut, ternyata buaya memiliki kesetiaan yang tinggi terhadap pasangannya. Temuan itu, menjadi bukti pertama yang dibuat, dari salah satu spesias buaya, tentang kesetiaan reptil ganas ini terhadap pasangannya.

4. Kupu-kupu

Dengan umur yang cukup singkat, kupu-kupu akan kawin satu kali seumur hidup. Selain itu, kupu-kupu betina akan menutup sayapnya jika ada kupu-kupu jantan baru yang mendekatinya. Mereka hanya mau menerima kupu-kupu jantan yang menjadi pasangannya.

5. Burung parkit

Dikutip dari INDTimes.com, burung parkit adalah hewan sosial yang bisa merasa sedih dan kesepian saat gak punya teman. Itu sebabnya, burung parkit adalah salah satu hewan paling setia bagi pasangan mereka. Mereka membutuhkan pasangan dalam sangkar mereka untuk bisa bahagia.

6. Rayap

Dikutip dari kids.grid.id, dalam koloni rayap, sang ratu cuma akan kawin satu kali dengan rayap jantan. Ia menyimpan gamet seumur hidup sebagai ratu, sedangkan rayap jantan akan segera mati dan enggak pernah kawin lagi.

Namun, pada koloni rayap tertentu, ditemukan kalau dalam rentang hidup yang lebih panjang, cuma akan ada ratu dan raja yang bersama-sama melahirkan seluruh koloni.

7. Berang-berang (Castor)

Dilansir dari tempo.co, berang-berang akan setia kepada pasangannya hingga salah satunya mati. Keduanya akan bekerja, mempertahankan sarang, dan membangun bendungan bersama.

Baca Juga: Mengenal Frilled Shark, Hiu dengan Bentuk Unik

Ketika anak berang-berang beranjak dewasa, mereka akan meninggalkan koloni untuk membentuk koloni yang baru. Namun, saat ada yang kekurangan makanan, berang-berang akan tetap bersama keluarga mereka sampai mereka lebih banyak. Bahkan, saat mencari makan sendiri, berang-berang gak bergerak jauh dari orangtua mereka ketika membangun koloni baru.

8. Penguin jambul kuning

Setiap musim panas mereka akan pulang ke tempat mereka dilahirkan dan menemukan pasangan seumur hidup mereka. Setelah menemukan pasangan, mereka akan pulang ke tempat terakhir mereka membuat sarang. Faktanya, penguin jambul kuning bisa sangat agresif saat melihat penguin lain mencoba merayu pasangan mereka.

9. French Angelfish

Dilansir dari sindonews.com, French Angelfish atau Angelfish Prancis mereka membentuk pasangan yang dekat dan monogami sejak usia muda dan kemudian melakukan segalanya dengan pasangan mereka selama sisa hidupnya. Mereka hidup, bepergian dan berburu berpasangan dan bahkan akan mempertahankan wilayah lautnya dari pasangan ikan di sekitarnya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga