Antisipasi Kualitas Udara Buruk Jakarta, IKA Unhas Tanam Pohon di Bogor

Mustaqim, telisik indonesia
Senin, 21 Agustus 2023
0 dilihat
Antisipasi Kualitas Udara Buruk Jakarta, IKA Unhas Tanam Pohon di Bogor
IKA Unhas Jabodetabek dan perwakilan Pemkab Bogor saat penanaman bibit tanaman di sekitar Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu (20/8/2023). Foto: Mustaqim/Telisik

" Ratusan bibit tanaman dari berbagai jenis ditanam di sekitar Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu (20/8/2023). Penanaman bibit tanaman ini sebagai bentuk kepedulian dan upaya menjaga ekosistem alam, serta mengantisipasi memburuknya kualitas udara Kota Jakarta dan daerah penyangga di sekitarnya "

BOGOR, TELISIK.ID - Ratusan bibit tanaman dari berbagai jenis ditanam di sekitar Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu (20/8/2023). Penanaman bibit tanaman ini sebagai bentuk kepedulian dan upaya menjaga ekosistem alam, serta mengantisipasi memburuknya kualitas udara Kota Jakarta dan daerah penyangga di sekitarnya.

Gerakan penghijauan juga dimaksudkan untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya tanaman sebagai sumber oksigen. Selain itu, mengendalikan suhu, mencegah perubahan iklim, menjaga kualitas tanah, mengatur siklus air, dan manfaat lain yang diperoleh bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

Gerakan penghijauan tersebut merupakan gagasan dari Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Baca Juga: Lorong Rupa, Menjual Seni dari Balik Arsitektur Tua Eropa di Kota Tua Jakarta

Ratusan bibit tanaman yang ditanam merupakan sumbangan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung-Cisadane wilayah Bogor.

Ketua Umum IKA Unhas yang juga mantan Menteri Pertanian RI, Amran Sulaeman, mengapresiasi kegiatan alumni di Kabupaten Bogor itu sebagai bentuk kepedulian kepada lingkungan. Amran berharap kegiatan itu berlanjut sehingga bisa memberi kontribusi yang besar bagi masyarakat.

Apresiasi positif terkait gerakan penghijauan juga diberikan oleh Pemkab Bogor kepada IKA Unhas. Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Ajat Rochmat Jatnika, yang mewakili Pemkab Bogor, merasa terbantu oleh kegiatan tersebut. Dia mengatakan, meski Unhas berada di Makassar, tapi para alumninya masih mau memikirkan lingkungan di Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Merpati Istana Merdeka Jadi Rebutan Warga

“Kami berharap bibit yang sudah ditanam dipelihara kelangsungan hidupnya agar tumbuh dengan baik. Kami juga mengharapkan agar dapat dilakukan kegiatan serupa di tempat lain di Kabupaten Bogor,” harap Ajat.

Sementara itu, Ketua IKA Unhas Jabodetabek, M Ismak menegaskan, keberadaan alumni Unhas akan selalu memberikan manfaat bagi banyak orang dan lingkungan. “Tentunya berguna bagi kelangsungan hidup manusia. Apalagi tanaman setiap saat mengeluarkan oksigen bagi manusia dan penanaman bibit tanaman ini merupakan kegiatan yang sangat positif,” kata Ismak.

Penanaman ratusan bibit tanaman merupakan bagian dari kegiatan Merdeka Cup 2023 sebagai agenda rutin tahunan IKA Unhas Jabodetabek. (B)

Penulis: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga