Antisipasi PMK Ternak Meluas, Polda Jawa Timur Kerahkan Satgas Pemeriksaan di 81 Titik

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 13 Juni 2022
0 dilihat
Antisipasi PMK Ternak Meluas, Polda Jawa Timur Kerahkan Satgas Pemeriksaan di 81 Titik
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta saat beri keterangan pers di Surabaya. Foto: Ist

" Polda Jawa Timur mengerahkan satgas yang dikemas dalam Operasi Patuh Semeru 2022 untuk penanganan penyakit mulut kuku (PMK) pada ternak "

SURABAYA, TELISIK.ID - Polda Jawa Timur mengerahkan satgas yang dikemas dalam Operasi Patuh Semeru 2022 untuk penanganan penyakit mulut kuku (PMK) pada ternak jelang Idul Adha yang kurang beberapa minggu lagi.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta mengatakan keputusan dibentuknya satgas tersebut setelah dilakukan koordinasi dengan gubernur dan unsur forkopimda lainnya di Jawa Timur.

“ Nantinya satgas akan diisi oleh dinas kesehatan, dinas pertanian, TNI, Polri serta tokoh masyarakat. Kegiatan satgas melakukan edukasi ciri-ciri penanganan PMK, berikutnya membuka pos dan ada 81 titik yang tersebar di jalan -jalan utama yang berfungsi melakukan pengecekan kalau ada kendaraan yang mengangkut hewan,” jelas Nico di Surabaya, Senin (13/6/2022).

Nico mengatakan dalam penerapannya nanti, satgas tersebut akan mengecek surat keterangan sehat yang wajib dikeluarkan sebelum hewan tersebut dijual.

Baca Juga: Temu Bisnis, Langkah Dinas Perizinan dan PTSP Perkuat Produk Unggulan

Baca Juga: Masih Bandel Atas Rekomendasi KASN, Bupati Konawe Kepulauan Ditegur Lagi

“ Satgas ini juga dibentuk akan memberikan obat-obatan dan vaksin ke ternak yang akan disembelih saat idul adha nantinya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur  dr Indyah Aryani mengatakan ada 32.949 hewan ternak yang terpapar PMK di Jatim. Indyah juga mengungkapkan ada 3.821 hewan ternak yang sudah dinyatakan sembuh. Hewan ternak itu mendapat perawatan berupa asupan obat analgesik hingga vitamin.

Lebih lanjut dijelaskan olehnya, ada 164 hewan ternak yang dinyatakan mati terpapar PMK. Lalu ada 28.964 hewan ternak yang saat ini masih terpapar PMK. Menurut Indyah, ada 30 kabupaten/kota yang saat ini terpapar wabah PMK. Kasus PMK terbanyak di Lumajang yakni 4.858. Kemudian Probolinggo sebanyak 3.838 kasus PMK dan Jombang 2.628 kasus PMK. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga