Temu Bisnis, Langkah Dinas Perizinan dan PTSP Perkuat Produk Unggulan

Ashar Hamka, telisik indonesia
Senin, 13 Juni 2022
0 dilihat
Temu Bisnis, Langkah Dinas Perizinan dan PTSP Perkuat Produk Unggulan
Berbagai upaya tengah diupayakan Pemda Konawe Selatan untuk meningkatkan hasil produksi lokal para pelaku usaha di Konawe Selatan. Foto: Ist.

" Melalui Dinas Perizinan dan Pelayanan Satu Pintu (PTSP) digelar temu bisnis dan kolaborasi antar pelaku usaha "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan memiliki strategi baru untuk meningkatkan hasil produk para pelaku usaha besar maupun usaha mikro, kecil dan menengah yang berada di Konawe Selatan.

Melalui Dinas Perizinan dan Pelayanan Satu Pintu (PTSP) digelar temu bisnis dan kolaborasi antar pelaku usaha, Senin (13/6/2022).

Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga mengatakan strategi baru tersebut guna mendorong usaha produktif yang lebih cepat. Dalam temu bisnis yang turut dihadiri Pj Sekda Konawe Selatan Hj Siti Chadidjah, Asisten II Dr. Sahlul, sejumlah kepala OPD terkait dan 120 peserta pelaku usaha maupun UMKM yang berada di Konawe Selatan.

Bupati dua periode kembali menegaskan untuk mendukung strategi tersebut, pemda berupaya memperbaiki semua sektor, hal itu guna mempermudah pasar. Salah satunya adalah infrastruktur. Infrastruktur yang dimaksud bukan saja akses jalan, namun juga akses perizinan internet dan lainnya.

 

Peningkatan inilah, lanjut Surunuddin, yang nantinya akan dimanfaatkan oleh para entrepreneur dalam melakukan pemasaran produknya.

Baca Juga: Masih Bandel Atas Rekomendasi KASN, Bupati Konawe Kepulauan Ditegur Lagi

"Usaha produktif saat ini yang lebih menonjol salah satunya adalah usaha pertanian, UMKM, produk rumahan," ucapnya.

Baca Juga: Operasi Patuh Anoa 2022, Sasar Tujuh Pelanggaran

Kepala DPM-PTSP, I Putu Darta menuturkan agenda temu bisnis hari ini belum pada aspek jual beli, melainkan bertujuan untuk mempertemukan para pelaku usaha besar maupun UMKM. Di mana diharapkan dengan begitu, para pelaku usaha bisa saling tukar produk maupun nomor telpon.

 

Mantan Sekretaris Bappeda ini menegaskan UMKM itu bisa tumbuh bila ada pasar dan kolaborasi, sebab menurutnya kalau keduanya tidak difasilitasi tentunya hal itu akan sulit berkembang. Misalnya, sejumlah produk yang menjadi andalan Konawe Selatan, saat ini tengah dipersiapkan untuk diekspor keluar negeri. Produk yang dimaksudkan yakni Kopi Tolaki, Jahe Meohawe, dan kripik pisang.

"Saat ini kesempatan kita mengenalkan produk-produk lokal unggulan. Nantinya, dari produk-produk itulah yang perlu kita dukung, dalam melakukan promosi," ujar I Putu Darta. (B-Adv)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga