Anugrah Limbo Wisata (ALWI) Kota Baubau Sukses, Gali Potensi Pariwisata

Elfinasari, telisik indonesia
Minggu, 13 Agustus 2023
0 dilihat
Anugrah Limbo Wisata (ALWI) Kota Baubau Sukses, Gali Potensi Pariwisata
Para peserta juara pada malam penganugrahan Anugerah Limbo Wisata (ALWI) yang berlangsung di Lapangan Kotamara Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Alwi menjadi pendorong bagi perekonomian, terutama di daerah yang tengah mengembangkan limbo wisata "

BAUBAU, TELISIK.ID - ALWI (Anugrah Limbo Wisata) merupakan ajang pemberian penghargaan bagi desa/kelurahan yang memiliki prestasi dengan memenuhi beberapa kriteria. Penganugrahan ini berlangsung di Lapangan Kotamara, Kota Baubau, Sabtu (12/8/2023), malam.

Acara ini sebagai wujud apresiasi terhadap upaya berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam sektor pariwisata di Baubau. Beberapa kategori yang dipersembahkan meliputi Anugrah Limbo Atraksi, Amenitas, Aksebilitas, Kelembagaan Terpilih, Penerapan CHSE Terbaik, Konten Profil Limbo Wisata, dan Favorit Netizen, dengan total hadiah Rp 80 juta.

Kepala Dinas Pariwisata Baubau, Idrus Taufik Saidi, menyampaikan bahwa Anugrah Limbo Wisata bukan hanya sebagai ajang kompetisi. Lebih dari itu, Alwi menjadi pendorong bagi perekonomian, terutama di daerah yang tengah mengembangkan limbo wisata. Sektor pariwisata di Baubau sendiri telah memberikan kontribusi sebesar 11,6 persen.

Dengan adanya penganugrahan ini, diharapkan dapat meningkatkan kearifan lokal dan pelestarian budaya, sekaligus mendorong perekonomian lokal.

Baca Juga: Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif Sultra Beragam Namun Belum Dikelola Optimal

Salah satu dewan juri, Asri, menjelaskan, pendekatannya dalam menilai kandidat, melalui observasi mendalam dan wawancara. Ia menyoroti perlunya dukungan lebih besar dalam pelaksanaan inisiatif-inisiatif pariwisata.

"Banyak kelembagaan yang telah dibentuk, namun memerlukan lebih banyak dukungan dalam pelaksanaannya." tuturnya.

Baca Juga: Tina Nur Alam Beri Pesan Peserta Bimtek Sadar Potensi Wisata Sulawesi Tenggara

Asisten 1 Setda Baubau, La Ode Aswad, menegaskan betapa pentingnya kolaborasi dalam mengembangkan pariwisata Baubau. Menurutnya, dengan kolaborasi yang kuat, Baubau memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata unggulan di tingkat nasional dan internasional.

Dalam acara tersebut, Lurah Kadolomoko La Ode Hardianto Hibali dalam hal ini mewakili limbo Wantiro mendapat pengakuan khusus dengan meraih penghargaan kategori Aksebilitas Terbaik I.

"Alhamdulillah, saya merasa sangat senang dan bangga karena saya baru 8 bulan menjabat sebagai Lurah Kadolomoko tetapi prestasinya sudah sejauh ini dan perlu ditingkatkan," tuturnya. (A)

Oleh: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga