Aplikasi Simoderat Kemenag Kendari Jadi yang Pertama di Indonesia

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Kamis, 09 Juni 2022
0 dilihat
Aplikasi Simoderat Kemenag Kendari Jadi yang Pertama di Indonesia
Jajaran Kemenag Kendari dan Kemenag Sulawesi Tenggara saat melaunching aplikasi Simoderat. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" KPertama di Indonesia, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari berhasil meluncurkan aplikasi Sistem Layanan Aplikasi Moderasi Beragam (Simoderat) "

KENDARI, TELISIK.ID - Pertama di Indonesia, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari berhasil meluncurkan aplikasi Sistem Layanan Aplikasi Moderasi Beragam (Simoderat). Dalam aplikasi tersebut, semua tentang sistem pembelajaran dan pengetahuan agama telah tertuang, baik dalam bentuk video dan sistem lainnya.

Kepala Kemenag Kota Kendari, Muhammad Lalan Jaya mengatakan sebuah kemajuan yang luar biasa bagi Kemenag Kendari karena melahirkan dan menciptakan sebuah terobosan yang sangat positif seperti ini.

"Ini merupakan program yang dicanangkan oleh Kasi Paki Kemenag Kendari, yang begitu sangat luar biasa. Bisa menciptakan sebuah ide dan gagasan yang baik. Artinya ini akan sangat mendukung sistem belajar, terutama siswa dan seluruh masyarakat. Karena pengetahuan moderasi beragama itu sudah bisa dengan mudah diakses," ungkapnya Kamis (9/6/2022).

Moderasi beragama merupakan suatu program yanu dirancang oleh Kemenag RI agar bagaimana bisa memberikan sebuah pemahaman beragam kepada masyarakat. Karena moderasi beragam sendiri, menganut poin-poin menjaga toleransi, anti kekerasan, dan menghargai tradisi.

Baca Juga: Raih Nilai 905, Kendari Menuju Predikat Utama Kota Layak Anak

Baca Juga: Kebakaran Susulun Nyaris Terjadi di Kampung Mandiri Energi TPA Puuwatu

Menanggapi hal tersebut, Kakanwil Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin memberikan apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Kasi Paki Kemenag Kendari yang telah melahirkan sebuah terobosan yang sangat luar biasa.

"Pastinya ini akan menjadi rumah pertama, bagi para siswa untuk belajar moderasi beragam, dan tentunya menjadi referensi bagi masyarakat, untuk mengetahui moderasi beragam. Dan ini memang yang diinginkan oleh Kemenag RI, agar moderasi beragam ini bisa sampai ke seluruhnya, mulai dari pendidikan dan seluruh lapisan masyarakat. Agar ke depan, masyarakat Indonesia lebih moderat dan toleran dalam menjaga bangsa ini, menjadi bangsa yang tangguh dan berkarakter," jelasnya. (B)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Baca Juga