ASEAN Summit di Labuan Bajo Berjalan Aman, Kapolda: Kami Studi Banding di Bali

Berto Davids, telisik indonesia
Sabtu, 13 Mei 2023
0 dilihat
ASEAN Summit di Labuan Bajo Berjalan Aman, Kapolda: Kami Studi Banding di Bali
Momen Kapolri dan Panglima TNI ke Labuan Bajo menyiapkan pengamanan ASEAN Summit. Foto: Ist.

" Kapolda Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Johanis Asadoma mengatakan, kunci amannya ASEAN Summit itu karena sinergi TNI dan Polri "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Pelaksanaan ASEAN Summit ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, berjalan aman sejak tanggal 9-11 Mei 2023. Kapolda Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Johanis Asadoma mengatakan, kunci amannya ASEAN Summit itu karena sinergi TNI dan Polri.

Ia mengatakan, dalam mempersiapkan pengamanan dan kelancaran Labuan Bajo sebagai tempat penyelenggaraan ASEAN Summit, Polda Nusa Tenggara Timur telah melakukan studi banding ke Bali yang sukses melaksanakan G20.

Setelah studi banding, kata dia, pihaknya kembali dan mulai menyiapkan anggaran dan latihan kepada anggota untuk melaksanakan pengamanan bekerja sama dengan institusi lainnya.

Ia mengaku selama pelaksanaan ASEAN Summit pihaknya juga sudah menyiapkan tempat unjuk rasa bagi warga yang menolak, namun dengan pendekatan keramahan semua bisa dihindari.

Baca Juga: Pola Pengamanan ASEAN Summit Dilakukan Terbuka dan Tertutup

Dia menambahkan bahwa sebelum digelar ASEAN Summit dia mendapatkan mandat dari  Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan kesiapan mulai dari infrastruktur hingga akomodasi.

“Perintah Bapak Kapolri pertama yaitu, menyiapkan infrastruktur dan akomodasi yang akan digunakan baik pimpinan maupun anggota, kedua yaitu mobilisasi sehingga tidak terjadi keterlambatan dan segera bisa diatur semua perlengkapan dalam pengamanan ASEAN Summit" katanya, Sabtu (13/5/2023).

Baca Juga :Ini Hasil KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur

Sementara itu Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Laiskodat juga mengapresiasi sinergitas TNI Polri yang telah melakukan pengamanan secara ketat selama penyelenggaraan ASEAN Summit.

Ia berharap, kekuatan dan sinergitas Nusa Tenggara Timur dapat dipercaya sampai ke tingkat nasional. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga