Asrun Lio Dilantik Jadi Pj Sekda Sultra

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Sabtu, 23 April 2022
0 dilihat
Asrun Lio Dilantik Jadi Pj Sekda Sultra
Gubernur Sultra Ali Mazi melantik Asrun Lio menjadi Pj Sekda Sultra. Foto: Ist.

" Setelah beberapa pekan menjabat sebagai Plh Sekertaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio akhirnya dilantik menjadi Penjabat (Pj) Sekda Sultra oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah beberapa pekan menjabat sebagai Plh Sekertaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio akhirnya dilantik menjadi Penjabat (Pj) Sekda Sultra oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Kadis Dikbud Sultra itu dilantik sebagai Pj Sekda Sultra berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Nomor 296 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sultra. Dengan mengacu pada Surat Mendagri perihal Persetujuan Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sultra Nomor 821/2227/SJ tanggal 22 April 2022.

Dengan maksimal masa jabatan selama tiga bulan, terhitung semenjak tanggal pelantikan dan berhenti dengan sendirinya setelah adanya pejabat definitif nantinya.

Gubernur Ali Mazi mengucapkan selamat usai melantik Asrun Lio sebagai Pj Sekda.

“Semoga saudara mampu mengemban amanah serta mampu menjalankan tugas pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik,” ungkap Ali Mazi.

Gubernur menjelaskan, segala proses yang ditempuh dalam pelantikan Pj Sekda, itu telah sepenuhnya memenuhi prinsip yang sesuai dengan mekanisme ataupun undang-undang yang berlaku.

Sekda sendiri merupakan jabatan tertinggi seorang PNS tingkat daerah, sehingga sekda berkewajiban mengatur segala urusan yang berhubungan dengan struktural kepegawaian, mulai dari menyusun kebijakan, dan lain sebagainya.

Untuk itu, Ali Mazi berpesan, Pj Sekda harus dapat membaca dinamika yang sedang berkembang di masyarakat, mempersiapkan, dan mengintegrasikan segala potensi untuk mendukung setiap kebijakan kepala daerah.

Baca Juga: Hari Pertama Pasar Murah, Warga Antusias Dapat Kupon Gratis

Sekda, kata Ali Mazi, harus mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara efektif, dengan seluruh instansi baik daerah maupun vertikal, serta mengoptimalkan penggunaan keuangan daerah.

"Untuk itu saya menginstruksikan kepada seluruh jajaran Pemprov Sultra, agar memberikan dukungan penuh dan kerja sama yang baik sehingga tugas pemerintah bisa berjalan dengan lancar," ujarnya.

Asrun Lio adalah salah satu putra terbaik yang dimiliki Sultra hari ini. Dengan berbagai pengalaman dan jam terbangnya di bidang pemerintahan, membuat dirinya dianggap sangat pantas menduduki jabatan tertinggi tersebut.

Pria kelahiran Buton, 25 Mei 1968 ini merupakan lulusan S3 tahun 2015 di negeri kanguru Australia, The Australian National University of Canberra. Dia telah banyak menduduki jabatan penting sebelum menjadi Pj Sekda.

Berikut profil singkat dari Asrun Lio:

Nama: Drs. Asrun Lio, M.Hum, PhD

TTL: Buton, 25 Mei 1968

Jabatan: Kadis Dikbud Sultra dan Pj Sekda Sultra

Istri: Dra. Wa Ode Munanah

Anak: Tiara Mayang Pratiwi Lio, S.Ked, M.Si

Riwayat Pendidikan :

-SDN 3 Baubau

-SMPN 1 Baubau

-SMAN 1 Baubau

-Lulusan Cumlaude S1 Pendidikan Bahasa Inggris UHO tahun 1990

-S2 Linguistik Unhas Makassar, selesai tahun 1997

-S3 ANU (The Australian National University), Canberra, selesai tahun 2015

Baca Juga: Polemik Batas Usia Jamaah Haji, Kemenag Sultra: Itu Keputusan Pemerintah Arab Saudi

Pengalaman dan prestasi yang pernah diraih:

1. Konsultan Proyek Peningkatan Mutu SLTP, 2004-2008

2. Ketua Panwas Provinsi Sultra tahun 2007/2008

3. Kepala Pusat Studi Eropa UHO

4. Mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO

5. Mantan Sekretaris Dewan Kehormatan Kode Etik UHO

6. Pembina Kerukunan Keluarga Baubau Buton (KKBB) Provinsi Sultra

7. Peraih peringkat satu rata-rata Indeks Efektivitas Tertinggi Layanan Pendidikan se-Sultra tahun 2019 dari Kemendikbudristek

8. Juara 1 Diklat PIM III di BPSDM Provinsi Sultra 2019. (C)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga