Assessment JPTP Terbuka Muna Barat Digelar di Polda Sulawesi Tenggara

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 14 November 2023
0 dilihat
Assessment JPTP Terbuka Muna Barat Digelar di Polda Sulawesi Tenggara
Assessment terbuka bagi JPTP Kabupaten Muna Barat dan Buton Tengah yang dilaksanakan di Polda Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Isi kekosongan jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP), ASN Muna Barat mengikuti assessment center bersama Kabupaten Buton Tengah "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Isi kekosongan jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP), ASN Muna Barat mengikuti assessment center bersama Kabupaten Buton Tengah.

Assessment center itu dilaksanakan di Polda Sulawesi Tenggara, pada Selasa (14/11/2023), dibuka secara resmi oleh Karo SDM Polda, Kombes Pol Danang Beny K.

Tampak hadir dalam acara itu Kabagkompeten SSDM Polri, Kombes Pol Eka Satria Bakti, serta asesor dari Mabes Polri dan Polda Sulawesi Tenggara. Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat dan Pj Bupati Buton Tengah juga turut hadir sebagai bentuk dukungan terhadap seleksi terbuka JPTP.

Menurut Karo SDM Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Danang Beny K, assessment center merupakan metode penilaian standar yang bertujuan untuk menilai dan mengukur potensi calon pejabat serta memprediksi keberhasilan mereka dalam mengemban suatu jabatan. Metode ini melibatkan simulasi dan alat ukur berdasarkan kompetensi jabatan yang dilakukan oleh para asesor.

Baca Juga: 18 PPPK Muna Barat Dilantik, Pj Bupati Tekankan Patuhi 10 Budaya Malu ASN

"Melalui pelaksanaan Assessment Center ini, diharapkan dapat menghasilkan pejabat tinggi pratama yang mampu melaksanakan tugas di satuan kerja dengan lebih baik, bertanggung jawab, optimal, dan profesional," ungkapnya.

Assessment Center Polri sendiri membawa konsep penilaian yang terfokus pada kemampuan manajerial dan keberhasilan dalam menangani serta memberikan solusi pemecahan masalah. Tujuan akhirnya adalah memenuhi harapan Pemda Buton Tengah dan Muna Barat untuk memiliki pejabat yang kompeten dan berintegritas tinggi.

Kemudian, Kombes Pol Danang Beny berterima kasih kepada Pj Bupati Buton Tengah dan Pj Bupati Muna Barat beserta jajaran yang telah menggelar seleksi terbuka menggunakan fasilitas Assessment Center Polri di Polda Sulawesi Tenggara. Ia yakin kegiatan itu akan berjalan independen dan menghasilkan pejabat yang memenuhi kriteria yang diharapkan.

Seiring berjalannya waktu, harapan masyarakat Buton Tengah dan Muna Barat kini tertuju pada hasil seleksi ini, diharapkan akan melahirkan pemimpin berkualitas dan mampu membawa kemajuan di tingkat pemerintahan kabupaten.

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, Muna Barat di akhir tahun 2023 ini mengalami tiga kekosongan JPTP sebab pejabat lama akan memasuki purna bakti.

Dua pejabat lama yang akan pensiun yakni Disperindag Muna Barat, Pakrun dan Dinas Perikanan Muna Barat, La Jono. Sementara JTP staf ahli Bupati Muna Barat sebelumnya sudah pindah menjadi staf ahli Gubernur Sulawesi Tenggara yaitu La Ode Butolo.

“Inilah yang mendasari pemda untuk melakukan seleksi terbuka sebagaimana amanah Undang-Undang tentang ASN serta Permen Pendayagunaan ASN Nomor 13 Tahun 2014,” ujarnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan seleksi JPTP tersebut dilakukan secara terbuka, ini akan melindungi ASN dari intervensi politik, perlakuan diskriminatif ataupun primordialisme birokrasi seperti senioritas. Selain itu berfungsi untuk membangun optimisme ASN akan masa depan kariernya secara jelas, sehingga meningkatkan kepuasan dan profesionalitas kerja yang bermuara pada efektivitas organisasi pemerintah secara menyeluruh.

Baca Juga: Tepis Kampanyekan Capres, Pj Bupati Muna Barat Siap Beri Keterangan ke Bawaslu

Untuk itu, ia berharap dengan adanya pelaksanaan kegiatan seleksi terbuka JPTP dapat semakin mempererat sinergitas hubungan antara Pemda Muna Barat dan Polda Sulawesi Tenggara dalam rangka penataan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur Pemda Muna Barat.

Selanjutnya, Bahri katakan seleksi Asesmen JPTP yang dilakukan di Polda sudah kali kedua dan dilaksanakan langsung oleh Biro SDM Polda Sulawesi Tenggara, yang mana kegiatan pertama dilakukan pada Desember 2022 lalu dan berjalan dengan baik dengan hasil yang sangat memuaskan.

Ia juga berharap seluruh peserta atau asesi memperoleh hasil kompetensi yang nantinya akan mampu memberikan warna indah dan pendorong terciptanya kesuksesan berbagai program pemerintahan, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Muna Barat. (B-Adv)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga