Astronom Temukan Pemicu Mega-tsunami di Mars 3,4 Miliar Tahun Lalu

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 04 Desember 2022
0 dilihat
Astronom Temukan Pemicu Mega-tsunami di Mars 3,4 Miliar Tahun Lalu
Planet Mars diperkirakan pernah digulung mega-tsunami setinggi 800 kaki atau lebih dari 243 meter. Pemicunya adalah tumbukan asteroid besar yang meninggalkan lubang kawah selebar 110 km yang terletak di 120 km di bawah permukaan laut. Foto: Repro Livescience.com

" Astronom telah menemukan lokasi dari dampak asteroid besar yang memicu tsunami besar di Planet Mars (planet merah) sekitar 3,4 miliar tahun yang lalu "

KENDARI, TELISIK.ID - Astronom telah menemukan lokasi dari dampak asteroid besar yang memicu tsunami besar di Planet Mars (planet merah) sekitar 3,4 miliar tahun yang lalu.

Planet Mars diperkirakan pernah digulung mega-tsunami setinggi 800 kaki atau lebih dari 243 meter. Pemicu tsunami di planet ini adalah tumbukan asteroid besar yang meninggalkan lubang kawah selebar 110 kilometer terletak di 120 km di bawah permukaan laut.

Mengutip Sindonews.com, ledakan kolosal yang ditimbulkan diperkirakan mirip dengan dampak tumbukan asteroid di bumi yang memusnahkan dinosaurus. Pada studi baru, yang diterbitkan 1 Desember di jurnal Scientific Reports, para ilmuwan planet mengidentifikasi kawah hasil tabrakan asteroid itu dengan nama Pohl.

Pohl sendiri memiliki lebar sekitar 110 kilometer dan terletak 120 meter di bawah permukaan laut. Struktur tumbukan masif juga dikelilingi oleh bebatuan berusia 3,4 miliar tahun.

Dilansir dari Livescience.com, sekitar 3 miliar hingga 3,5 miliar tahun yang lalu, mars ditutupi oleh lautan yang luas dan dangkal. Penelitian sebelumnya telah menemukan bukti dua peristiwa gelombang besar di garis pantai kuno yang pernah mengelilingi lautan.

Baca Juga: Ahli Temukan Virus Mirip COVID-19 di China

Lautan tersebut telah lama hilang, termasuk bongkahan besar puing yang hanyut ke pantai dan tanda batu yang kemungkinan terukir saat air yang terlantar perlahan mengalir kembali ke laut. 

Para peneliti memperkirakan asteroid yang membentang antara 1,9 hingga 5,6 mil (3 hingga 9 km) dan melepaskan hingga 13 juta megaton energi TNT. Untuk konteksnya, bom nuklir paling kuat yang pernah diledakkan di bumi, tsar bomba, melepaskan sekitar 50 megaton energi TNT.

Baca Juga: Ilmuwan Hidupkan Sejumlah Virus Berusia Puluhan Ribu Tahun Akibat Pemanasan Global

Mereka menggunakan simulasi komputer untuk menciptakan kembali gelombang masif yang akan dihasilkan oleh tumbukan kolosal ini. Ditemukan bahwa ombak bisa mencapai ketinggian 820 kaki (250 m) dan menempuh jarak sekitar 932 mil (1.500 km) dari kawah. 

Gelombang ini cukup besar untuk meninggalkan bukti geologis yang telah ditemukan oleh para peneliti sebelumnya. Ini bukan pertama kalinya para peneliti mengidentifikasi kawah dampak potensial untuk mega-tsunami mars. Pada 2019 lalu, tim peneliti terpisah mengusulkan bahwa kawah Lomonosov, yang berukuran sekitar 90 mil (145 km), ditinggalkan oleh penabrak yang dapat memicu mega-tsunami. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga