Awasi Pelaksanaan Pengelolaan Anggaran Daerah, Wasindo Kepton Dideklarasikan

Deni Djohan, telisik indonesia
Senin, 21 September 2020
0 dilihat
Awasi Pelaksanaan Pengelolaan Anggaran Daerah, Wasindo Kepton Dideklarasikan
Suasana deklarasi Wasido Kepton. Foto: Deni Djohan/Telisik

" Hal ini adalah sebagai suatu bentuk kemitraan daIam mengawasi pelaksanaan dan pengelolaan anggaran APBN/ABPBD/APBDes yang ada didalam struktur Pemerintahan Daerah Kota/Kabupaten. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Baubau dan wilayah cakupan calon provinsi kepulauan Buton (Kepton) nampaknya lebih berhati-hati dalam mengelola transparansi penyelenggaraan pemerintah.

Pasalnya, pada Minggu, (21/9/2020) malam, Organisasi Pengawas Independen Indonesia (Wasindo) Cabang Kota Baubau resmi dideklarasikan.

Ketua DPD Wasindo, Muchlis, mengatakan, lembaga nasional itu terbentuk sejak 2014 silam dan telah mendapat ketetapan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum-HAM).

Tujuannya, kata dia, untuk mendorong tumbuhnya transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan dan kegiatan usaha di Indonesia sebagai bagian upaya global untuk menghapuskan korupsi.

"DPD Wasindo Kepulauan Buton secara resmi dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pengurus Nasional No. 009/Wasindo/IX/2020 tertanggal 13 september 2020 tentang Pengangkatan Ketua DPD Wasindo Kepulauan Buton; serta dilengkapi dengan surat tugas Ketua DPD WASINDO Kepulauan Buton No.011/WASINDO/IX/2020, yang Berpusat di Kota Baubau dengan wilayah tugas terdiri dari 6 Kabupaten dan 1 Kota di Kepulauan Buton," ungkap Muchlis.

Baca juga: Ikut MTQ Virtual, Kominfo Muna Jamin Kecepatan Internet

Langkah awal, kata dia, pihaknya bakal melakukan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan silaturahim kepada setiap Kepala Daerah yang ada di 6 Kabupaten dan 1 Kota sebagai bentuk kemitraan. Selain itu, DPD Wasindo Kepulauan Buton juga akan melayangkan surat pemberitahuan pengawasan yang diketahui oleh masing-masing kepala daerah.

"Hal ini adalah sebagai suatu bentuk kemitraan daIam mengawasi pelaksanaan dan pengelolaan anggaran APBN/ABPBD/APBDes yang ada didalam struktur Pemerintahan Daerah Kota/Kabupaten," tambahnya.

Paling awal, pihaknya akan melakukan pengaturan struktur organisasi untuk penempatan tugas mengingat cakupan wilayah yang luas maka pengurusnya juga akan kami bagi dalam beberapa bidang pendampingan guna suksesnya pelaksanaan tugas dan kegiatan.

Kegiatan deklarasi berakhir dengan penyerahan SK Pengurus oleh Ketua DPD Wasindo Kepulauan Buton, Muchlis kepada Sekretaris Wasindo,  Muh Agus Salim didampingi Penasihat Wasindo Kota Baubau Dedi Ferianto dan Bendahara, Sutiana Bara Andi.

Reporter: Deni Djohan

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga