Ikut MTQ Virtual, Kominfo Muna Jamin Kecepatan Internet

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 21 September 2020
0 dilihat
Ikut MTQ Virtual, Kominfo Muna Jamin Kecepatan Internet
Wabup Muna, Abdul Malik Ditu bersama Asisten I, LM Ruslan Ibu mengikuti pembukaan MTQ virtual. Foto: Sunaryo/Telisik

" Untuk jaringan kami jamin tidak akan ada masalah. Insya Allah, setiap cabang yang ikuti peserta tidak akan mengalami hambatan. "

MUNA, TELISIK.ID - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) XXVIII telah dibuka.

Sesuai rencana, seharunya pelaksanaan MTQ akan dipusatkan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Namun, karena pandemi COVID-19, pelaksanaanya terpaksa harus dilakukan secara virtual.

Daerah-daerah yang menjadi peserta pun tidak perlu repot-repot lagi harus berangkat ke Konsel. Namun, bisa mengikuti lomba tersebut di daerah masing-masing.

Kabupaten Muna misalnya, memusatkan mengikuti lomba itu di kantor Sekretariat Daerah (Setda). Fasilitas infrastruktur jaringan internet pun disiapkan oleh Dinas Kominfo.

Kadis Kominfo, Dahlan Kalega melalui Kabid Infrastruktur Dasar, La Ode Firman Syah menerangkan, sesuai instruksi Bupati, LM Rusman Emba, pihaknya menambah kapasitas jaringan menggunakan layanan Astinet Dedicated dari Telkom dengan kapasitas bandwidth 50 mbps, sehingga akses layanan internet lebih cepat dan stabil dibandingkan dengan layanan internet biasa.

Baca juga: Sepekan Operasi Yustisi, 67 Ribu Masyarakat Jatim Langgar Protokol COVID-19

"Untuk jaringan kami jamin tidak akan ada masalah. Insya Allah, setiap cabang yang ikuti peserta tidak akan mengalami hambatan," kata Firman, Senin (21/9/2020).

Jumlah peserta MTQ Muna sebanyak 41 orang yang mengikuti 10 cabang lomba. Adalah lomba karya tulis Al quran, syahrl quran, seni baca al quran golongan dewasa, qiraat al quran, golongan tartil dan golongan remaja, seni baca Al quraan anak-anak dan tuna netra, hafalan Al quran 1 juz dan tilawah serta golongan 10 juz, hafalan 30 juz dan tafsiran bahasa arab dan inggris, hafalan 5 juz dan 20 juz, fahm Al quran dan kaligrafi.

"Masing-masing cabang, kita siapkan jaringan internet," sebutnya.

Ia menambahkan, seiring perkembangan teknologi informasi, digitalisasi global, wilayah yang luas dan kebutuhan layanan Pemkab pada masyarakat yang semakin besar, pihaknya terus  berupaya mengembangkan infrastruktur jaringan dan menambah kapasitas jaringan internet pada beberapa hot spot area publik, jaringan integrasi SKPD, website, pengembangan Muna sebagai kota smart city dan layanan lainnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga