Balas Dendam Picu Tawuran Pelajar di Kendari hingga Diamankan Polisi

Wahyudin Wahid, telisik indonesia
Rabu, 06 September 2023
0 dilihat
Balas Dendam Picu Tawuran Pelajar di Kendari hingga Diamankan Polisi
Kondisi puluhan pelajar SMA dan SMK asal Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan di Polresta Kendari usai diamankan pihak kepolisian (kiri). Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh. Eka Fathurrahman (kanan). Foto: Wahyudin Wahid/Telisik

" Puluhan pelajar SMA dan SMK diamankan aparat Polresta Kendari saat hendak melakukan aksi tawuran yang melibatkan pelajar dari beberapa sekolah di Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Puluhan pelajar SMA dan SMK diamankan aparat Polresta Kendari saat hendak melakukan aksi tawuran yang melibatkan pelajar dari beberapa sekolah di Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Diduga salah satu kubu pelajar ini ingin balas dendam atas kejadian yang menimpa salah satu teman mereka di lapangan eks MTQ Kendari.

Seorang pelajar yang berhasil diamankan di TKP berinisial KS, pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Konawe Selatan mengaku, tawuran ini diduga berawal dari insiden yang dialami oleh pelajar SMKN 2 Kendari saat kegiatan ekspose 5 tahun Ali Mazi dan Lukman Abunawas di lapangan eks MTQ Kota Kendari, Sabtu (2/9/2023) lalu.

Baca Juga: Hendak Tawuran 4 Pelajar Ditangkap Polisi, Bawa Sajam hingga Busur

Saat itu salah satu pelajar SMKN 2 dikeroyok oleh beberapa pelajar dari SMK 6 dan SMA 11. Atas insiden tersebut, lanjut KS, teman-teman korban disinyalir tidak terima tindakan pengeroyokan oleh beberapa siswa yang juga merupakan pelajar dari Kota Kendari tersebut, sehingga pelajar SMK 2 meminta bantuan dari pelajar Madrasah Aliyah I Konsel untuk bergabung dalam satu aliansi.

"Kalau saya dari MAN I Konsel, saya satu aliansi dengan sekolah korban. Tapi, pada saat di lapangan, kita belum sempat ketemu karena sudah ada polisi yang datang," ungkap KS kepada Telisik.id, Selasa (5/9/2023) malam.

Sementara itu Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh Eka Fathurrahman mengatakan, telah mendengar isu aksi tawuran dan melakukan pengamanan di malam sebelumnya, hingga kejadian tersebut bisa diantisipasi melalui razia skala besar yang melibatkan Samapta Polda, Brimob Polda, dan Polresta Kendari dengan jumlah personel sebanyak 200 kekuatan polisi berseragam.

Baca Juga: Usai Upacara HUT ke-78 RI, Puluhan Pelajar di Sumatera Utara Diduga Hendak Tawuran Diamankan Polisi

"Ini adalah upaya kami dalam memberikan efek jera kepada para pelajar yang sering terlibat dalam aksi-aksi tawuran," tutur Eka.

Untuk mengantisipasi kejadian yang sama terulang kembali, lanjut Eka, pihakya telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Kendari serta kepala sekolah lingkup Kota Kendari.

"Malam ini kami kembalikan mereka ke orang tua masing-masing untuk dilakukan pembinaan lanjutan," pungkasnya. (B)

Penulis Wahyudin Wahid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga