Bandung dan Soreang Dilanda Gempa

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
Bandung dan Soreang Dilanda Gempa
Gempa masih sering terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Hari ini gempa kembali terjadi di Soreang dan Bandung, Jawa Barat, berkekuatan magnitudo 4,0. Foto: Repro Fokussatu.id

" Hari ini gempa kembali terjadi di Soreang dan Bandung, Jawa Barat, berkekuatan magnitudo 4,0 "

BANDUNG, TELISIK.ID - Gempa bumi masih sering terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Hari ini gempa kembali terjadi di Soreang dan Bandung, Jawa Barat, berkekuatan magnitudo 4,0.

Menurut informasi resmi BMKG, gempa tersebut berlangsung di titik koordinat 7,22 Lintang Selatan (LS) dan 107,59 Bujur Timur (BT). Adapun Pusat gempa berada di darat 23 kilometer (km) tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 5 km.

Gempa terkini dengan magnitudo 4,0 tersebut bisa dirasakan oleh masyarakat di Soreang dan Bandung seperti dikutip dari Kontan.co.id.

"Gempa dirasakan Magnitudo: 4,0 pada 28 Januari 2023 18:00:33", tulis BMKG dilansir dari Katadata.co.id. 

Baca Juga: Gempa Kembali Guncang Cianjur, Ini Lokasi Paling Bahaya

Baca Juga: Gempa Bumi Guncang Kabupaten Kolaka

Gempa dirasakan dengan skala MMI di beberapa wilayah di antaranya Soreang dan Bandung dengan skala II-III dan II-III. Salah satu skala MMI yang dirasakan adalah III yang artinya gempa dirasakan oleh beberapa orang, tetapi tidak menyebabkan kerusakan atau kecelakaan. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dalam sepekan terakhir di wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa signifikan dan dirasakan masyarakat sebanyak 12 kali dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga