Gempa Bumi Guncang Kabupaten Kolaka

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 20 Januari 2023
0 dilihat
Gempa Bumi Guncang Kabupaten Kolaka
Suasana pagi ini pantai Cacao City Kolaka, yang cukup sepi akibat gempa. Foto: Ist.

" Lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kolaka "

KOLAKA, TELISIK.ID – Gempa bumi mengguncang wilayah Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Jumat (20/1/2023) pukul 07:55:33 Wita.

Berdasarkan rilis dari BMKG menunjukkan, informasi gempa bumi ini berkekuatan M 3.2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.14  LS, 121.62 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4.1 km, Timur Laut Pomalaa Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 7 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin menyebutkan, lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kolaka.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Kabupaten Kolaka dimana getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: BMKG Mencatat Indonesia Diguncang Gempa Puluhan Ribu Kali Sepanjang 2022

Rudin mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Selain itu, warga setempat juga diharapkan memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

Baca Juga: Gempa Kekuatan 7,9 SR Guncang Maluku Tenggara Berpotensi Tsunami

Salah satu warga Kolaka, widiantari, menuturkan ia sedang beres-beres rumah saat gempa bumi terjadi dan dirinya sempat kaget.

"Iya, sempat saya rasa itu tadi gempanya untung tidak terlalu keras," ungkapnya.

Ia juga berharap agar tidak ada gempa susulan yang akan terjadi. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga