Banjir hingga 2 Meter, Ratusan Rumah di Kolaka Terendam

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 21 Januari 2024
0 dilihat
Banjir hingga 2 Meter, Ratusan Rumah di Kolaka Terendam
Proses evakuasi warga yang terdampak banjir di Kelurahan Sakuli, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka oleh personrl Polsek dan Polres Kolaka. Foto: Ist.

" Banjir yang terjadi di Kabupaten Kolaka pada Sabtu (20/1/2024) yang disebabkan hujan deras, mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir dan kerugian materil ditaksir capai ratusan juta rupiah "

KOLAKA, TELISIK.ID - Bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Kolaka pada Sabtu (20/1/2024) sejak pukul 16.00 Wita, yang disebabkan hujan deras, mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir dan kerugian materil ditaksir capai ratusan juta rupiah.

Kasubsi Penmas Humas Polres Kolaka, Aipda Riswandi mengungkapkan, wilayah yang terdampak banjir, pertama di Kelurahan Watuliandu Kecamatan Kolaka, terdapat 48 rumah terdampak banjir setinggi 1 meter.

"Korban jiwa nihil, namun kerugian materil ditaksir mencapai Rp 50 juta," ungkapnya.

Lanjut Aipda Riswandi, kedua ada di RW 2  Kelurahan Sakuli, Kecamatan Latambaga, terdapat 100 rumah yang terdampak banjir dengan ketinggian 1 meter, kerugian materil di taksir mencapai Rp 150 juta.

"Selanjutnya, RW 3 Kelurahan Sakuli ada 60 rumah dengan ketinggian air kurang lebih 30 cm, kerugian materil capai Rp 50 juta," tambahnya.

Sementara itu, untuk RW 4 dan 5 Kelurahan Sakuli total ada 62 rumah yang terdampak banjir dengan ketinggian mencapai 2 meter, kerugian materil ditaksir mencapai Rp 80 juta.

Baca Juga: Tiga Rumah di Kolaka Hanyut Terbawa Banjir

Selanjutnya, banjir juga menggenangi 400 rumah di RW 2 Lalodipu Kelurahan Mangolo, Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka, dengan ketinggian air mencapai 1 meter dan kerugian materil ditaksir mencapai Rp 250 juta.

Lanjut Aipda Riswandi, RW 1 Mangolo, Kelurahan Mangolo, Kecamatan Latambaga ada 370 rumah yang terdampak banjir dengan ketinggian 1 meter kerugian materil ditaksir mencapai Rp 200 juta.

"Banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Kolaka tidak ada korban jiwa," ungkapnya.

Selain banjir, juga terdapat jembatan yang menghubungkan RW 2 dan RW 1 yang terletak di RW 2 Puuwiau, Kelurahan Ulunggolaka, mengalami longsor akibat luapan air sungai.

Aipda Riswandi membeberkan, bencana banjir ini akibat hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kolaka mulai siang hingga sore hari yang mengakibatkan meluapnya beberapa sungai.

"Saat Ini personel Polsek jajaran dan personel Polres Kolaka telah berada di TKP guna melakukan evakuasi maupun membantu warga yang terkena dampak banjir," ungkap Aipda Riswandi.

Lebih lanjut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Instansi terkait untuk bersama-sama melakukan langkah-langkah berupa pemberian bantuan kepada warga yang terkena dampak banjir.

"Saat ini kondisi banjir sudah berangsur-angsur surut," pungkasnya.

Sementara itu, Rahmat, warga Kelurahan Sakuli mengatakan, saat ini pihaknya bersama keluarga sedang mengamankan barang-barang untuk mengantisipasi bila terjadi banjir susulan.

Baca Juga: Banjir di Kolaka Utara Rusak Infrastruktur Jalan dan Kebun Warga

"Semoga banjir ini cepat reda dan ke depannya tidak terjadi banjir lagi," harapnya.

Sebelumnya, banjir di Kabupaten Kolaka juga terjadi di Kecamatan Samaturu yang menghanyutkan 3 rumah akibat luapan Sungai Konaweha dan merendam sekitar 50 rumah.

"Saat ini korban jiwa nihil," ungkap Kapolsek Samaturu IPTU Soekotjo.

Ia menambahkan, pihaknya saat ini telah melakukan evakuasi korban terdampak dan melakukan penutupan jalan menuju Jembatan Konaweha dan pengaturan arus lalu lintas hingga Jembatan Konaweha aman untuk dilewati serta berkoordinasi dengan Pemda setempat untuk pembuatan posko bagi masyarakat yang terdampak. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga