Banjir Rendam 3 Ribu Lebih Rumah di Kabupaten Gunung Mas Kalteng

Marwan Azis, telisik indonesia
Sabtu, 25 September 2021
0 dilihat
Banjir Rendam 3 Ribu Lebih Rumah di Kabupaten Gunung Mas Kalteng
Potret banjir yang merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Gunung Mas, Kalteng. Foto: BPBD Kabupaten Gunung Mas

" Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Tengah, terdapat 3.642 unit rumah terdampak "

PALANGKARAYA, TELISIK.ID - Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi selama beberapa hari, mengakibatkan Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Adapun lokasi yang terendam banjir yaitu Kecamatan Kurun, Kecamatan Tewah, Kecamatan Mihing Raya, Kecamatan Sepang, Kecamatan  Rungan Hulu, Kecamatan Rungan, Kecamatan Rungan Bara, Kecamatan. Manuhing, Kecamatan Manuhing Raya, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Kecamatan Damang Batu, dan Kecamatan  Miri Minasa.

Informasi tersebut diperoleh Telisik.id dari Abdul Muhari, Ph.D. Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Sabtu malam (25/9/2021).

Menurutnya, berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Tengah, terdapat 3.642 unit rumah terdampak.

Baca Juga: Meski Dirumahkan, Karyawan Time Zone Dapat Kembali Bekerja

Baca Juga: Warga Kolut Tutup Akses Jalan Menuju Basecamp Pekerja Bandara

Pihak BPBD Gunung Mas telah melakukan penyaluran bansos untuk hari ini dilaksanakan ke Kelurahan Teweh yang sudah tersalur 7.250 kg Beras.

"Akibat banjir tersebut sebanyak 3.685 KK/13.638 jiwa terdampak," ungkapnya.

Ia mengimbau, seluruh masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di masa peralihan (pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan, potensi angin kencang, hujan deras dalam waktu singkat, puting beliung serta potensi cuaca yang memicu terjadinya bahaya hidrometeorologi. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga