Bantuan Pangan Beras Mulai Disalurkan di Kendari

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 06 April 2023
0 dilihat
Bantuan Pangan Beras Mulai Disalurkan di Kendari
Ratusan karung beras siap disalurkan kepada 367 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) di Benu-Benua. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Di Kota Kendari, Kelurahan Benu-Benua, Kecamatan Kendari Barat jadi titik penyaluran pertama bantuan pangan beras menyusul seluruh kelurahan di Kecamatan Kendari Barat "

KENDARI, TELISIK.ID – Program bantuan pangan beras dari pemerintah sudah mulai disalurkan hari ini, Kamis (6/4/2023). Ratusan karung beras dari Bulog pun sudah mulai diangkut ke titik penyaluran.

Di Kota Kendari, Kelurahan Benu-Benua, Kecamatan Kendari Barat jadi titik penyaluran pertama, menyusul seluruh kelurahan di Kecamatan Kendari Barat yang akan selesai Sabtu (8/4/2023).

Di kantor Kelurahan Benu-Benua terlihat mobil logistik Bulog menyalurkan ratusan karung beras yang dikoordinir oleh PT Pos Indonesia. Para petugas di kelurahan pun sibuk menyocokkan data penerima bantuan dengan karung-karung beras yang datang.

Salah seorang Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Kendari Barat dan wilayah dampingan Kelurahan Benu-Benua dan Sodohoa, La Ode Rahmad mengatakan, ada 367 karung beras yang akan dibagikan untuk 367 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) di Benu-Benua.

Setiap KPM akan mendapat satu karung yang berisi 10 kilogram beras. Program bantuan beras rencananya akan berlangsung selama tiga bulan hingga di bulan Juni, sehingga KPM akan menerima total 30 kilogram beras.

Baca Juga: Cair Bulan Ini, Bantuan Pangan Non Tunai Mulai Disalurkan

Petugas Kesejahteraan Sosial Kelurahan Benu-Benua, Amiruddin Thamrin mengatakan, pihaknya sebagai Kessos menerima data KPM PKH di wilayahnya. Ia sendiri sebelumnya mengajukan 400 lebih penerima bantuan kepada PKH, namun hanya 367 KPM yang lolos verifikasi oleh Kemensos.

Tempat yang sama, Lurah Benu-Benua, Ramal Kumpalangi mengatakan, penyaluran beras di wilayahnya akan segera mungkin dilakukan Kamis siang ini, dan harus tuntas di hari yang sama.

Penyaluran dilakukan dengan mengumpulkan para KPM di Aula Kantor Lurah Benu-Benua, di Jalan Kakatua. Para KPM tersebut disyaratkan membawa KTP sebagai bukti idenitas yang akan dicocokkan dengan data dari Kemensos.

Adapun Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dipasok Bulog untuk bantuan pangan beras di Sulawesi Tenggara mencapai 225.516 karung beras berisi 10 kilogram per karung untuk satu bulan penyaluran, dan 676.548 karung berisi 10 kilogram per karung untuk total tiga kali penyaluran selama tiga bulan.

Baca Juga: Ini Jadwal Pasar Pangan Murah Jelang Ramadan di Kendari

Di Kecamatan Kendari Barat sebagai titik launching penyaluran, memasok 2.887 karung beras berisi 10 kilogram per karung untuk satu bulan penyaluran, dan 8.661 karung beras berisi 10 kilogram per karung untuk total tiga kali penyaluran selama tiga bulan.

Bantuan pangan berupa beras ini merupakan bagian dari penyelenggaraan penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) berdasarkan Perpres 125 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dan ditindaklanjuti dengan Perbadan Nomor 12 tahun 2022 tentang Cadangan Beras Pemerintah.

Dalam penyelenggaraan CPP tersebut, pemerintah dapat menyalurkan CBP untuk antisipasi, mitigasi, dan pelaksanaan keperluan yang ditetapkan pemerintah antara lain stabilitas harga, mengatasi masalah pangan, mengatasi krisis pangan, dan pemberian bantuan pangan. (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga