Barcelona, Madrid dan Juventus Resmi Dicoret dari Liga Champions, Ada Apa?

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 08 Juni 2021
0 dilihat
Barcelona, Madrid dan Juventus Resmi Dicoret dari Liga Champions, Ada Apa?
Juventus saat menjurai Coppa Italia 2021. Foto: Repro AFP

" Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) kabarnya akan menjatuhkan hukuman kepada Juventus, Real Madrid dan Barcelona perihal keikutsertaan di Liga Super Eropa pada Rabu, 9 Juni 2021. "

AMSTERDAM, TELISIK.ID - Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) kabarnya akan menjatuhkan hukuman kepada Juventus, Real Madrid dan Barcelona perihal keikutsertaan di Liga Super Eropa pada Rabu, 9 Juni 2021.

Menyadur La Reppublica, ada dua hukuman yang bisa diterima ketiga klub di atas, yakni larangan tampl di Liga Champions selama dua tahun atau dikenai denda.

“UEFA akan mengumumkan hukuman kepada Juventus, Real Madrid dan Barcelona atas keikutsertaan di Liga Super Eropa pada Rabu. Tujuannya, UEFA ingin menyelesaikan masalah sebelum Piala Eropa 2020 yang mulai bergulir Jumat malam,” tulis La Reppublica, dari Football Italia, Selasa (8/6/2021).

“Mungkin saja mereka dikeluarkan dari Liga Champions musim depan, atau bisa juga denda. Juventus, Real Madrid dan Barcelona merupakan tim yang berkomitmen di ajang Liga Super Eropa,” lanjut laporan tersebut.

Baca juga: 20 Klub Primiere Legue Lepas Pemainnya, MU Lepas 7 Orang

Baca juga: 20 Klub Primiere Legue Lepas Pemainnya, MU Lepas 7 Orang

Dilansir dari Okezone.com, awalnya ada 12 klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa, kompetisi tandingan Liga Champions. Mereka ialah Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur, Arsenal, Inter Milan, Juventus, AC Milan, Atletico Madrid, Real Madrid dan Barcelona.

Ketika 12 klub di atas sepakat meluncurkan Liga Super Eropa, UEFA bergerak cepat. Mereka menggandeng FIFA dan tiga penyelenggara Liga Spanyol, Italia dan Inggris.

Sebanyak sembilan klub yakni Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur, Arsenal, Inter Milan, AC Milan dan Atletico Madrid memutuskan untuk mundur. Tersisa Juventus, Real Madrid dan Barcelona.

Tersisanya tiga klub ini tidak mengherankan. Sebab, presiden Real Madrid Florentino Perez dan Juventus Andrea Agnelli merupakan petinggi Liga Super Eropa. Florentino Perez menjabat sebagai presiden, sedangkan Agnelli wakilnya.

Sementara Barcelona membutuhkan turnamen Liga Super Eropa yang menjanjikan banyak uang, demi menghindari mereka dari kebangkrutan. Jadi, akankah Barcelona, Real Madrid dan Juventus dilarang UEFA tampil di Liga Champions musim depan? (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga