Baubau Mengaji, 900 Orang Khatam Qur'an Bersamaan

Elfinasari, telisik indonesia
Minggu, 09 April 2023
0 dilihat
Baubau Mengaji, 900 Orang Khatam Qur'an Bersamaan
Suasana khatam Al-Qur'an di Masjid Raya Kota Baubau, diikuti sekira 900 masyarakat. Foto: Elfinasari/Telisik

" 900 masyarakat Kota Baubau berkumpul di Masjid Raya untuk khatam Al-Qur'an. Setiap warga membaca 1 juz, sehingga total 30 kali khatam Al-Qur'an "

BAUBAU,TELISIK.ID - 900 masyarakat Kota Baubau berkumpul di Masjid Raya untuk khatam Al-Qur'an. Setiap warga membaca 1 juz, sehingga total 30 kali khatam Al-Qur'an. Awalnya ditargetkan 1.500 orang akan mengikuti kegiatan Baubau Mengaji yang digelar Sabtu (8/4/2023) malam.

Baubau Mengaji digelar untuk memperingati malam Nuzulul Qur'an setiap tanggal 17 Ramadan yaitu peristiwa turunnya wahyu pertama berupa ayat suci Al-Qur'an sebagai pedoman dan petunjuk hidup yang diturunkan melalui Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Majelis Ijtihad Qur'ani bekerja sama dengan Pemerintah Kota Baubau menggelar kegiatan khatam Al-Qur'an bertema "Mengetuk Pintu Rahmat Allah, di Bulan Suci yang Penuh Berkah,"

Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini dibuka oleh Wali Kota Baubau, Ahmad Monianse. Pengasuh Majelis Ijtihad Qur'ani, Lalu Suharja Hambali mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mensyiarkan Al-Qur'an di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga: Doa Qunut Witir di 15 Hari Terakhir Ramadan

"Kami berharap bisa membina dan mengasuh orang-orang yang mencintai Al-Qur'an untuk khatam bersama," tuturnya.

Karena kegiatan ini berkelanjutan dari tahun ke tahun, ia berharap semoga di tahun berikutnya masyarakat Kota Baubau semakin sadar dalam mempelajari Al-Qur'an.

Sasaran utama dari kegiatan ini adalah para aparatur sipil negara yang telah pensiun agar memperbanyak membaca Al-Qur'an, sehingga kelak bisa husnul khotimah.

Baca Juga: Santri Kolaka Raih Juara Pertama Musabaqah Hifdzil Qur'an Tingkat Internasional di Thailand

Menurut Asnia, salah satu anggota Majelis Ijtihad Qur'ani, kegiatan ini sangat positif karena tidak ada unsur politik di dalamnya. Ia juga menerangkan, masing-masing anggota Majelis Ijtihad Qur'ani melakukan khatam setiap satu bulan sekali.

Senada dengan Yasin, masyarakat yang turut mengikuti khatam Al-Qur'an mengatakan, kegiatan tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk mengetuk pintu rahmat Allah.

"Semoga kita semua bisa menjadi hamba yang mencintai Al-Qur'an," tutupnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga