Santri Kolaka Raih Juara Pertama Musabaqah Hifdzil Qur'an Tingkat Internasional di Thailand

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 08 April 2023
0 dilihat
Santri Kolaka Raih Juara Pertama Musabaqah Hifdzil Qur'an Tingkat Internasional di Thailand
Achmad Fais Fikri (tengah) didampingi oleh Kabag Keagamaan Biro Kesra Setprov Sulawesi Tenggara, H. Musdar (kiri) dan Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara (kanan). Foto: Ist.

" Achmad Fais Fikri, santri asal Pondok Pesantren Tahfidz Qur'an (PPTQ) Al Hudzaifiyyah Kolaka, berhasil meraih juara pada event Musabaqah Hifdzil Al-Qur’an (MHQ) Internasional di Thailand "

KOLAKA, TELISIK.ID - Prestasi membanggakan datang dari Kolaka, Sulawesi Tenggara. Achmad Fais Fikri, santri asal Pondok Pesantren Tahfidz Qur'an (PPTQ) Al Hudzaifiyyah Kolaka, berhasil meraih juara pada event Musabaqah Hifdzil Al-Qur’an (MHQ) Internasional di Thailand.

Remaja yang akrab disapa Fais itu mewakili Indonesia pada event bertajuk ASEAN Memorization Al-Qur’an Competition 2023. Meski masih berusia 15 tahun, ia sukses meraih juara pertama kategori hafalan 30 juz.

"Alhamdulillah terbaik pertama dari 6 negara pada kategori 30 kuz," kata Fais saat dihubungi lewat telepon seluler.

Event yang digelar di Thailand itu, diikuti oleh beberapa negara se-Asia Tenggara. Indonesia sendiri diwakili oleh dua delegasi, yaitu Fais pada kategori 30 juz dan Abdurrahman Huzaifi cabang Hafalan Al-Qur’an 10 Juz Putra.

Fais sebelumnya juga pernah menorehkan prestasi, yaitu juara harapan 2 pada event MTQ Nasional mewakili Sulawesi Tenggara yang digelar di Kalimantan Selatan pada 2022 lalu.

Baca Juga: Pemenang Syarhil Qur'an MTQ XXIX Minta Doa di Pentas Nasional

Selain itu, event MHQ tahun 2021 di Kedutaan Besar Arab Saudi, Fais sukses menjadi juara kedua. Sehingga menjadi pertimbangan pihak Kemenag untuk mengutusnya mewakili Indonesia pada MHQ Asean di Thailand kali ini.

Fais sendiri merasa perlu meningkatkan prestasinya kembali dan ia berharap prestasinya tidak berhenti hanya di situ saja.

"Semoga bisa lebih baik lagi, dan bisa mengikuti event-event MHQ International lainnya di seluruh manca negara," pungkasnya.

Baca Juga: Buton Utara Juara 1 Kategori Qira'at Al-Qur'an Murattal Dewasa Putri MTQ XXIX Sultra

Sementara itu, H. Musdar, Kabag Keagamaan Biro Kesra Setprov Sulawesi Tenggara yang mendampingi Fais berkompetisi mengatakan, apa yang dicapai Fais merupakan prestasi sekaligus motivasi bagi anak-anak di Sulawesi Tenggara.

"Karena ternyata kita bisa bersaing bukan saja di tingkat nasional tapi sudah tingkat internasional," tutupnya.

Musabaqah Hifdzil Al-Qur’an (MHQ) Internasional ini diumumkan pada Jumat (7/4/2023) malam. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga