Rawan Money Politics, Bawaslu Muna Barat Ingatkan Panwascam Bekerja Profesional

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 26 Januari 2024
0 dilihat
Rawan Money Politics, Bawaslu Muna Barat Ingatkan Panwascam Bekerja Profesional
Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaluddin Usa, ingatkan panwascam harus berani menindak dugaan pelanggaran. Foto: Ist.

" Bawaslu Muna Barat mengingatkan panwascam untuk menjaga integritas. Panwascam diminta bekerja profesional "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Bawaslu Muna Barat mengingatkan panwascam untuk menjaga integritas. Panwascam diminta bekerja profesional. Jika ditemukan dugaan pelanggaran pemilu, harus diproses sesuai ketentuan yang berlaku.

Panwascam juga harus mempunyai mental yang bagus untuk melakukan pencegahan dan penindakan bila menemukan dugaan pelanggaran.

"Panwascam harus berani dalam menindak dugaan pelanggaran," ujar Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaluddin Usa, Jumat (26/1/2024).

Kemudian, dalam pelaksanaan pemilu di Muna Barat pelanggaran yang paling berpotensi ialah money politics, ini diprediksi akan terjadi di seluruh kecamatan. Untuk itu, Bawaslu terus memberi penguatan ke panwascam.

Baca Juga: Modal Kualitas dan Gagasan, Bacaleg Ini Punya Strategi Tepis Money Politics

Jika ada pelanggaran maka dilakukan penindakan yaitu dilakukan kajian, kalau memenuhi unsur tindak pidana pemilu, maka pihaknya akan mendorong ke Gakumdu untuk diproses lebih lanjut.

Ketika ditemukan unsur pelanggaran, akan dilimpahkan ke Kejaksaan sampai ke pengadilan. Untuk itu, ia membuka ruang pengaduan dari masyarakat jika ada anggota panwascam yang coba bermain. Pihaknya juga membuka ruang untuk menerima laporan satu kali 24 jam jika ditemukan panwascam yang ikut andil dalam pelanggaran tersebut.

Sementara itu, Panwascam Tiworo Tengah, Dedi Setiawan mengatakan, pihaknya dalam mencegah praktik money politics ini adalah dengan melakukan beberapa langkah diantaranya pencegahan dini serta melakukan edukasi terhadap masyarakat terkait anti money politics serta mengajak semua pihak untuk mengawasi dan melaporkan jika ada potensi pelanggaran pemilu, tak terkecuali money politics.

"Saat ini formasi kami sudah lengkap, mulai dari panwascam, panwas desa hingga pengawas TPS tentu kami berharap dapat meminimalisir setiap pelanggaran pemilu," ujarnya.

Baca Juga: Simulasi Pemilu, Ini Masukan Bawaslu Saat Hari Pencoblosan di Baubau

Ia juga mengharapkan peran dari semua pihak, bukan hanya masyarakat pada umumnya serta diharapkan pada peserta pemilu untuk bersama menjaga kemurnian pemilu.

Dalam hal penindakan, di kecamatan juga dibuka ruang 24 jam jika ada masyarakat yg melaporkan pelanggaran pemilu.

Selain dari laporan masyarakat,  jika ada temuan dari panwascam sebagai pengawas pemilu, tentu pihaknya akan proses melalui penelitian dan kajian terlebih dahulu melalui rambu-rambu dan aturan yang berlaku. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga