Bawaslu Muna Barat Program Rencana Tindak Lanjut Peraturan Perundang-undangan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 11 Oktober 2023
0 dilihat
Bawaslu Muna Barat Program Rencana Tindak Lanjut Peraturan Perundang-undangan
Bawaslu Muna Barat bersama Panwascam program rencana tindak lanjut peraturan perundang-undangan. Foto: Ist.

" Dalam pengawasan partisipatif, Bawaslu Muna Barat bersama Panwascam menyusun rencana tindak lanjut hasil sosialisasi perundang-undangan dalam tahapan pemilu "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Dalam pengawasan partisipatif, Bawaslu Muna Barat bersama Panwascam menyusun rencana tindak lanjut hasil sosialisasi perundang-undangan dalam tahapan pemilu.

Sebelumnya, Bawaslu Muna Barat lakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan tahapan pemilu yang menyasar perwakilan partai politik di Muna Barat, serta Panwascam selaku ujung tombak pengawas pemilu yang ada di kecamatan.

Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaludin Usa mengatakan kegiatan itu merupakan bagian dari persiapan untuk menghadapi pemilu serentak pada 14 Februari 2024 mendatang.

Baca Juga: Budidaya Bawang Merah di Muna Barat Sukses Panen Perdana

Ini salah satu bagian persiapan dalam menghadapi semakin dekatnya pemilu serentak, implementasi peraturan perundang-undangan itu untuk mencegah terjadinya pelanggaran pada tahapan pemilu yang sedang berjalan.

“Pencegahan itu dilakukan dengan berbagai cara oleh Bawaslu selaku penyelenggara, di antaranya mensosialisasikan, menghimbau, menginstruksikan, dan melakukan hal-hal yang terkait dengan cara meminimalisir pelanggaran pemilu,” ungkap Awal, Rabu (11/10/2023).

Sementara itu, Kordiv Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H) Bawaslu Muna Barat, La Ode Muhammad Karman mengatakan, lahirnya rencana tindak lanjut itu untuk membuktikan sebagai pengawas pemilu ada aksi nyata yang dilakukan di lapangan.

“Sosialisasi itu jangan hanya dijadikan sebagai acara seremonial, tetapi harus ada tindak lanjut aksi nyata sebagai salah satu cara kita dalam melakukan inovasi pengawasan,” jelasnya.

Baca Juga: Muna Barat Mulai Rasakan Dampak Elnino, Tujuh Hektare Sawah Alami Kekeringan

Dari penyusunan rencana tindak lanjut tersebut, Bawaslu Muna Barat dan Panwascam menyepakati 5 item yang akan diprogramkan pada masyarakat, yakni membentuk komunitas pemilu bersih, membentuk kampung pengawasan partisipatif yang berbasis kearifan lokal sesuai kecamatan masing-masing.

Selanjutnya, melakukan sosialisasi secara masif terkait netralitas ASN dan TNI/Polri, melakukan sosialisasi secara masif pada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda tentang bahaya politik uang, politik identitas, ujaran kebencian dan berita hoaks, serta pemetaan potensi kerawanan pemilu di tiap kecamatan.

Sehingga, pimpinan Panwascam nantinya akan melakukan rapat pleno di sekretariatnya masing-masing terkait hasil penyusunan RTL dan sesegera mungkin akan dilakukan aksi di lapangan secara bersama. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga