Pj Bupati Muna Barat Tanggapi Keluhan Kelompok Tani Wulanga Jaya

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 30 Agustus 2023
0 dilihat
Pj Bupati Muna Barat Tanggapi Keluhan Kelompok Tani Wulanga Jaya
Hadiri panen raya di Desa Wulanga Jaya, Kecamatan Tiworo Kepulauan, Pj Bupati Muna Barat, Bahri mendengarkan keluhan dari kelompok tani. Foto: Ist.

" Keluhan kelompok tani di Desa Wulanga Jaya, Kecamatan Tiworo Kepulauan, Muna Barat, ditanggapi langsung oleh Pj Bupati Bahri "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Keluhan kelompok tani di Desa Wulanga Jaya, Kecamatan Tiworo Kepulauan, Muna Barat, ditanggapi langsung oleh Pj Bupati Bahri. Keluhan itu disampaikan oleh kelompok tani saat Pj bupati menghadiri panen raya di desa tersebut.

Selain meminta bantuan berupa alat dan mesin pertanian, kelompok tani Desa Wulanga Jaya juga mengeluhkan rusaknya jalan menuju persawahan. Ketika hujan, jalanan itu dipenuhi kubangan air dan berlumpur.

"Saat musim kemarau masih begitu jalannya, kalau sudah musim hujan sudah tidak bisa dilewati," ungkap Ketua Kelompok Sunda Mekar, Otob.

Ia meminta benih padi santanu berlabel, sebab bibit padi itu yang cocok bagi pertanian di desa tersebut. Kemudian ia juga meminta pemda untuk mengadakan mesin pengering. Pasalnya panen saat musim hujan, gabah padi akan membusuk sehingga tidak bisa dijual bahkan tidak dapat digunakan secara pribadi.

Sama halnya dengan keluhan Ketua Kelompok Merta Sari, Suweca juga meminta pemerintah daerah untuk memperbaiki jalan menuju lorong persawahan tersebut dan kelompoknya juga membutuhkan alat pengering gabah.

Baca Juga: Di Tengah Langkanya Pupuk Subsidi, Kelompok Tani Dapat Bantuan Pupuk Organik

"Kami hanya perlu jalanan yang diperbaiki dan mesin pengering," ujarnya, Rabu (30/8/2023).

Tak hanya itu, anggota kelompok tani Merta Sari, Kadek Mertadana juga meminta bantuan alsintan berupa handtraktor sebab petani setempat kekurangan alsintan, maka ia harapkan ada penyaluran alsintan untuk petani di desa tersebut sesuai dengan program pemda.

"Semoga sesuai dengan program pemda, diturunkan satu atau dua unit alsintan," pungkasnya.

Pj Bupati Muna Barat, Bahri, menjawab keluhan dari ketua kelompok tani yang ada di Desa Wulanga Jaya, Kecamatan Tiworo Kepulauan.

Sesuai dengan programnya, salah satunya fokus pemberdayaan pada sektor pertanian yaitu ia menjanjikan dua handtraktor akan diberikan pada dua kelompok tani yang ada di desa tersebut.

Sementara untuk perbaikan jalan, ia mengatakan, akan dilakukan bertahap. Pasalnya saat ini telah dilakukan perbaikan jalan di desa itu namun tidak sampai ke ujung di area persawahan.

Untuk itu, ia mengarahkan Dinas PUPR untuk menghitung terlebih dahulu anggaran yang diperlukan untuk perbaikan jalan hingga ke ujung jalan persawahan, yang nantinya akan dimasukkan pada APBD perubahan tahun 2023.

Baca Juga: Bawang Merah Olahan Kelompok Tani Bombana Berlimpah Ruah

Selanjutnya, terkait permintaan bibit padi, ia mengaku pemda telah menganggarkan untuk bibit padi di tahun 2024, maka untuk Desa Wulanga Jaya ia akan memberikan bibit padi sesuai permintaan kelompok tani.

Tak hanya itu, alat pengering gabah juga akan diberikan oleh pemda, sementara untuk rumah alat pengering ia arahkan untuk dianggarkan pada dana desa, sehingga pemda nantinya akan memberikan bantuan mesin dan lantai jemur.

"Saya arahkan Kepala Dinas Pertanian untuk menghitung anggarannya, tahun 2024 akan dianggarkan," tutupnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga