BBM Non Subsidi Naik Hari Ini, Simak Daftar Harganya

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 10 Agustus 2024
0 dilihat
BBM Non Subsidi Naik Hari Ini, Simak Daftar Harganya
Harga BBM non subsidi, khususnya Pertamax mengalami kenaikan. Foto: Repro tribunnews.com

" PT Pertamina (Persero) secara resmi mengumumkan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non-subsidi, khususnya untuk jenis Pertamax (RON 92), yang berlaku efektif mulai hari ini, Sabtu (10/8/2024) "

JAKARTA, TELISIK.ID - PT Pertamina (Persero) secara resmi mengumumkan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non-subsidi, khususnya untuk jenis Pertamax (RON 92), yang berlaku efektif mulai hari ini, Sabtu (10/8/2024). Kenaikan harga ini terjadi di tengah stabilnya harga beberapa jenis BBM lainnya seperti Pertalite dan Solar Subsidi.

Pertamax yang sebelumnya dibanderol dengan harga Rp 12.950 per liter kini mengalami kenaikan menjadi Rp 13.700 per liter di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Penyesuaian ini diambil sebagai langkah untuk menyesuaikan dengan formula harga dasar yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022.

Selain kenaikan harga Pertamax, PT Pertamina juga memperkenalkan harga baru untuk produk Biosolar non-subsidi khusus di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Harga Biosolar non-subsidi ini dipatok sebesar Rp 15.250 per liter.

Harga Solar subsidi tidak mengalami perubahan dan tetap berada pada level Rp 6.800 per liter. Begitu pula dengan harga Pertalite (RON 90), yang tetap dipatok pada harga Rp 10.000 per liter.

Penyesuaian harga ini merupakan implementasi dari Keputusan Menteri ESDM yang bertujuan untuk menyesuaikan harga BBM dengan kondisi pasar dan biaya produksi yang terus berkembang. Langkah ini diambil Pertamina untuk memastikan ketersediaan dan distribusi BBM tetap terjaga di seluruh Indonesia, terutama di wilayah-wilayah dengan tantangan logistik yang lebih kompleks seperti Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Naik Awal Agustus, Ini Harga Baru BBM Non Subsidi

Untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, harga Pertamax yang baru ini diharapkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, meskipun kenaikan harga ini mungkin akan mempengaruhi pengeluaran rumah tangga dan sektor usaha yang bergantung pada bahan bakar ini.

Namun, Pertamina memastikan bahwa kenaikan ini dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk daya beli masyarakat dan kebutuhan untuk menjaga keberlanjutan pasokan BBM di seluruh negeri.

Selain Pertamax, harga BBM non-subsidi lainnya seperti Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex juga tetap stabil seperti perubahan terakhir yang dilakukan pada 2 Agustus 2024 lalu. Harga Pertamax Turbo di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya tetap berada di angka Rp 15.450 per liter, Dexlite Rp 15.350 per liter, dan Pertamina Dex Rp 15.650 per liter.

Pertamax Green 95, yang merupakan varian BBM ramah lingkungan dari Pertamina, juga tetap dibanderol pada harga Rp 15.000 per liter. Sementara itu, untuk wilayah Nusa Tenggara Timur, penyesuaian harga yang paling signifikan terjadi pada Biosolar non-subsidi.

Sebelumnya, produk ini tidak tersedia dalam varian non-subsidi, sehingga harga baru ini menjadi perhatian penting bagi pengguna di wilayah tersebut. PT Pertamina memastikan bahwa pasokan Biosolar non-subsidi akan disalurkan dengan lancar di seluruh SPBU di NTT, guna memenuhi kebutuhan energi masyarakat dan sektor usaha di daerah tersebut.

Mengutip cnnindonesia.com, PT Pertamina menyatakan bahwa penyesuaian harga ini juga dilakukan untuk memenuhi ketentuan dalam Kepmen ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Baca Juga: BBM Jenis Baru dengan Kadar Rendah Sulfur Bakal Beredar September

Keputusan ini diambil sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk menyeimbangkan antara kebutuhan untuk menjaga keberlanjutan pasokan energi dan memastikan bahwa harga yang dikenakan kepada konsumen tetap mencerminkan kondisi pasar yang sebenarnya.

Daftar harga BBM yang berlaku mulai hari ini juga mencakup beberapa wilayah lain di Indonesia, dengan sedikit variasi harga tergantung pada kondisi logistik dan distribusi di setiap daerah. Sebagai contoh, di wilayah Sumatera, harga Pertamax berada di kisaran Rp 14.000 hingga Rp 14.300 per liter, sementara di Pulau Kalimantan, harga BBM cenderung lebih tinggi dengan Pertamax mencapai Rp 14.300 per liter dan Pertamax Turbo hingga Rp 16.150 per liter di beberapa daerah.

Di sisi lain, untuk wilayah Papua dan Papua Barat, harga Pertamax tetap berada di angka Rp 14.000 per liter, dengan Dexlite dan Pertamina Dex masing-masing dibanderol Rp 15.700 dan Rp 15.450 per liter. Sementara itu, di wilayah Batam, yang seringkali memiliki harga BBM yang berbeda dari wilayah lainnya, harga Pertamax tetap di angka Rp 13.000 per liter, dengan Pertamax Turbo sebesar Rp 14.700 per liter dan Dexlite Rp 14.600 per liter. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga