Beasiswa LPDP akan Dibuka 2024, Simak Persyaratan dan Cara Daftarnya

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 04 Desember 2023
0 dilihat
Beasiswa LPDP akan Dibuka 2024, Simak Persyaratan dan Cara Daftarnya
Beasiswa LPDP akan dibuka kembali awal taun 2024, pastikan anda sudah menyiapkan kelengkapan berkasnya. Foto: Sindonews.com

" Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2024 akan segera dibuka pada awal tahun. Sama seperti pendaftaran beasiswa ke luar negeri lainnya, untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024 juga ada berkas penting yang harus dikumpulkan mahasiswa "

KENDARI, TELISIK.ID - Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2024 akan segera dibuka pada awal tahun. Sama seperti pendaftaran beasiswa ke luar negeri lainnya, untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024 juga ada berkas penting yang harus dikumpulkan mahasiswa.

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri.

Dilansir kompastv.com, dengan bantuan finansial yang jumlahnya cukup besar, Beasiswa LPDP bisa memberikan dukungan kepada mahasiswa yang ingin mengejar gelar S2 (Magister) atau S3 (Doktor) baik di universitas dalam maupun luar negeri.

Melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu), seleksi dilakukan setiap tahunnya kepada para mahasiswa yang melakukan pendaftaran.

Diperkirakan, pendaftaran beasiswa LPDP 2024 dibuka di bulan Januari atau Februari. Dengan waktu pembukaan pendaftaran yang masih panjang, diharapkan mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa LPDP 2024 bisa lebih dulu melakukan persiapan seperti terkait dengan dokumen dan lain-lain.

Baca Juga: Tim Putri SMA Al Masrur Kendari Sabet Gelar Juara di Kompetisi Regional

Sementara itu, dilansir dari tekno.tempo.co, berikut oersayratan umum dsn oersayarat khusus yang harus dipenuhi mahasiswa calon pendaftar beasiswa LPDP:

Persyaratan umum pendaftar

1. Warga Negara Indonesia.

2. Telah menyelesaikan studi program D4 atau S1 untuk pendaftar beasiswa magister dan menyelesaikan program S2 untuk

beasiswa S3, atau diploma empat D4/S1 langsung doktor.

3. Pendaftar dari diploma empat D4 atau S1 langsung doktor wajib memiliki Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan, dan memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program S3.

4. Tidak diizinkan mendaftar pada jenjang studi yang telah pernah diselesaikan, baik S2 maupun S3.

5. Pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi indeks prestasi kumulatif (IPK) dari Kementerian Pendidikan atau Kementerian Agama, serta tangkapan layar pengajuan jika belum terbit.

6. Tidak sedang menempuh studi S2 atau S3.

7. Tidak sedang mendaftar, akan menerima atau sedang menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding.

8. Pendaftar yang pernah menempuh studi namun tidak menyelesaikannya, dapat mendaftar kembali di jenjang studi yang sama. Dibuktikan dengan surat pemberhentian atau sejenisnya, yang diunggah bersama dengan ijazah.

9. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP, wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan dari perguruan tinggi tujuan.

10. Mempunyai surat rekomendasi yang diterbitkan paling lama 1 tahun di bulan yang sama dengan waktu pendaftaran beasiswa.

11. Pendaftar berstatus calon ataupun pegawai negeri sipil, tentara nasional Indonesia, polisi wajib melampirkan surat usulan minimal dari pejabat setingkat eselon II yang membidangi pembinaan/ pengembangan sumber daya manusia untuk mengikuti beasiswa LPDP.

12. Memiliki IPK dan persyaratan bahasa sesuai ketentuan.

Persyaratan khusus pendaftar

1. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran untuk S2 maksimal 35 tahun dan maksimal 40 tahun untuk S3.

2. Mengunggah dokumen IPK bagi pendaftar S2 minimal 3.00 pada skala 4.00 atau yang setara. Pendaftar jenjang S3 wajib memiliki IPK pada jenjang studi sebelumnya minimal 3.25 pada skala 4.00 atau yang setara. Syarat ini dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau yang dilegalisasi. Khusus pendaftar jenjang Doktor dari program Magister tanpa IPK, wajib melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi asal.

3. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang diterbitkan paling lambat pada 2 tahun terakhir dari tahun pendaftaran beasiswa.

4. Melampirkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi.

Dilansir dari kompastv.com, berikut cara daftar beasiswa LPDP:

1. Buka laman pendaftaran Beasiswa LPDP melalui tautan https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

2. Pilih opsi “Beasiswa LPDP.”

3. Jika belum memiliki akun, klik opsi “Belum punya akun? Buat akun disini.”

4. Ikuti langkah-langkah yang muncul, termasuk mengisi formulir pendaftaran dengan informasi yang benar dan sesuai.

Baca Juga: Dikbud Muna Galakkan Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka

5. Setelah mengisi formulir, klik ‘buat akun.’

6. Pastikan tidak membuat lebih dari satu akun, karena akan diverifikasi melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK).

7. Isi form pendaftaran dengan informasi yang benar dan sesuai dengan keadaan.

8. Lampirkan dokumen pendukung seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, pas foto terbaru, surat keterangan sehat, surat rekomendasi, surat usulan (jika berstatus PNS, CPNS, atau anggota POLRI), LoA (Letter of Acceptance), esai komitmen kembali ke Indonesia, dan sertifikat bahasa (IELTS atau TOEFL).

9. Unggah ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir dan diterjemahkan.

10. Perisiapkan diri untuk menjalani beberapa tahap seleksi, termasuk Seleksi Administrasi, Seleksi Bakat Skolastik, dan Seleksi Substansi. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga