Begini Cerita Mahasiswa UHO Kendari Magang di Dua Perusahaan Jerman

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 16 Oktober 2023
0 dilihat
Begini Cerita Mahasiswa UHO Kendari Magang di Dua Perusahaan Jerman
Potret Mbuwi Anakia Mowila, salah satu mahasiswa Jurusan Ilmu Lingkungan, FHIL UHO Kendari yang ikut magang di Jerman. Foto: Ist.

" Generasi muda Sulawesi Tenggara semakin banyak unjuk kemampuan hingga dapat bersaing di negara maju. Seperti yang dilakukan Mbuwi Anakia Mowila yang terbang ke Jerman untuk mengikuti pengalaman magang internasional "

KENDARI, TELISIK.ID - Generasi muda Sulawesi Tenggara semakin banyak unjuk kemampuan hingga dapat bersaing di negara maju. Seperti yang dilakukan Mbuwi Anakia Mowila yang terbang ke Jerman untuk mengikuti pengalaman magang internasional.

Mbuwi Anakia Mowila adalah salah satu mahasiswa yang beruntung karena berhasil lolos mengikuti program magang di Jerman bersama 32 mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari lainnya dari berbagai fakultas. Bersama rekannya yang lain, mahasiswa Jurusan Ilmu Lingkungan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) ini magang di dua perusahaan di Jerman yaitu Runtime dan Raj.

"Perusahaan yang menentukan apakah kami magang di Runtime atau di Raj, berdasarkan CV masing-masing peserta magang," ungkap Mbuwi Anakia.

Baca Juga: 7 Mahasiswa FEB UHO Kendari Terbang ke Jerman Ikut Magang Internasional

Dikatakan, Runtime adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri barang-barang material, sedangkan Raj lebih ke pabrik makanan dan tumbuhan.

"Saya mengikuti program ini melalu rekomendasi dari fakultas. Pengalaman yang saya dapatkan selama magang di sini sangat banyak, terutama tentang suasana dan budaya orang Eropa yang sangat baik," tuturnya.

Kedisiplinan dan kebiasaan-kebiasaan baik dalam menjaga dan mengatur lingkungan mereka, adalah beberapa sifat masyarakat Jerman yang menurutnya sangat pantas untuk ditiru. Dengan adanya kegiatan magang selama 3 bulan ini, Mbuwi Anakia berharap bisa menirukan cara mereka mengelola lingkungannya, yang sangat berbanding terbalik dengan Indonesia.

Untuk mahasiswa UHO yang ke depannya ingin mengikuti program ferienjob ini agar menyiapkan mental dan materi sematang mungkin.

"Karena mengikuti kegiatan ini, tidak semudah yang kawan-kawan bayangkan," bebernya.

Hanya saja tambahnya, melalui kegiatan magang ini, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman dan suasana baru.

Baca Juga: PT ANTAM Konawe Utara Salurkan Beasiswa Pelajar Jenjang SD, SMP dan SMA

Sementara menurut alumni mahasiswa Jurusan Ilmu Lingkungan, FHIL UHO Kendari, Muhtadillah Umar ikut bangga dengan prestasi yang dicapai adik tingkatnya itu.

Ia berharap, magang internasional tersebut dapat memberikan pengalaman kontekstual lapangan yang bisa meningkatkan jiwa kompetisi mahasiswa tentang dunia kerja ke depannya.

“Bagi UHO semoga ke depannya para mahasiswa yang akan magang ke luar negeri bisa diperhatikan lagi mahasiswanya dalam hal pendanaan,” jelasnya. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga