Beberapa Cara Mudah Ini Bisa Membantu Smartphone Kamu Lebih Panjang Umur

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 01 Februari 2022
0 dilihat
Beberapa Cara Mudah Ini Bisa Membantu Smartphone Kamu Lebih Panjang Umur
Agar baterai dan perangkat di handphone bisa awet dan panjang umur, kita perlu tahu cara mengatasinya. Foto: Repro ayobandung.com

" Supaya baterai dan perangkat handphone bisa tetap awet, maka diperlukan beberapa cara untuk mengatasinya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Semakin Berkembangnya Produk di industri smartphone, juga membuat para konsumen pun beramai-ramai mengganti smartphone milik mereka dengan model yang lebih baru dan canggih.

Apalagi, kalau beberapa orang mungkin memilih membeli handphone baru, dikarenakan perangkat lamanya benar-benar sudah tidak layak pakai atau rusak.

Nah, supaya baterai dan perangkat kita bisa tetap awet, maka diperlukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Mengutip dari okezone.com, berikut tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk melestarikan masa pakai baterai Anda.

1. Jangan Mengisi Baterai Semalaman

Mungkin ini tak terlalu logis, tetapi pengisian baterai ponsel Anda sepanjang malam memang tak sehat. Metode tersebut diyakini dapat memutar baterai dalam keadaan stres. Alternatif terbaik untuk ini adalah men-charger telefon Anda dalam batas wajar, setidaknya 1-2 jam saja.

2. Matikan Aplikasi yang Tidak Perlu

Anda memang tergila-gila dengan jejaring sosial, tetapi tahukah Anda jika kebanyakan dari aplikasi tersebut dapat menyebabkan boros baterai? Meskipun tak setiap aplikasi akan menghabiskan banyak baterai Anda.

Namun seiring berkembangnya teknologi, kini semua ponsel iOS dan Android memiliki monitor baterai yang memberi detail berapa banyak daya yang digunakan oleh masing-masing aplikasi. Tentunya Anda dapat menentukan aplikasi mana yang harus Anda tutup atau copot pemasangannya.

3. Matikan Getaran

Meskipun getaran sebenarnya diperlukan, tetapi menghidupkan getaran pada nada dering sebenarnya dapat menguras daya, bukan hanya sekadar menghasilkan suara.

Tentu saja getaran memang sangat penting untuk situasi yang lebih tenang seperti rapat, jadi jika Anda masih perlu menggunakannya pastikan Anda mengurangi intensitasnya.

4. Matikan GPS dan Layanan Lokasi Lainnya

Anda mungkin telah memperhatikan pesan kecil yang terus-menerus muncul di telefon Anda, dan menanyakan apakah Anda ingin aplikasi tertentu melacak lokasi Anda.

Hampir setiap aplikasi melakukannya, dan sebenarnya itu sangat berguna untuk beberapa hal tetapi tidak bagi baterai ponsel Anda yang akan menguras daya dengan cepat.

Dengan begitu, Anda dapat memilih seberapa sering GPS digunakan dalam pengaturan dan pemilihan yang benar-benar dibutuhkan.

5. Jaga Agar Telefon Anda Tetap Dingin

Jika Anda pernah menyentuh ponsel dan menyadari bahwa itu lebih panas dari biasanya, mungkin karena Anda menggunakannya terlalu banyak aplikasi yang berjalan.

Hal ini kadang terjadi bila perangkat dibiarkan di bawah sinar matahari langsung, atau lingkungan yang panas, seperti di dalam mobil yang diparkir. Ponsel akan selalu beroperasi di lokasi yang lebih dingin, jadi cobalah untuk memperhatikannya jika telepon terkena panas.

Baca Juga: Honda Revo Belum Mati, 2022 Hadir dengan Tampilan Baru

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa mengikuti cara di bawah ini seperti yang dikutip dari merdeka.com.

1. Penggantian Baterai

Penggantian baterai yang sederhana akan memperpanjang usia dan membuat smartphone bekerja dengan lancar, tetapi banyak pengguna yang tidak mengetahuinya.

Diwartakan New York Times via Tekno Liputan6.com Kay-Kay Clapp selaku direktur komunikasi dan advokasi di iFixit mengatakan, pertukaran baterai lama ke baru dapat memperpanjang usia smartphone.

2. Jangan Ragu Ganti Layar

Layar merupakan komponen lainnya yang dapat diperbaiki. Hal ini dapat dilakukan apabila kamu tidak sengaja menjatuhkan smartphone, kemudian menjadi retak atau pecah.

Layar memang merupakan salah satu komponen yang paling mahal, namun tetap lebih murah jika dibandingkan jika kamu membeli smartphone baru.

3. Bersihkan Port

Hal-hal kecil seperti membersihkan port seringkali diabaikan oleh sebagian banyak orang. Membersihkan lubang atau port pengisian daya tidaklah memerlukan teknik khusus.

Baca Juga: Handphone Kamu Hilang? Begini Cara Melacaknya

Kamu dapat membersihkannya dengan tusuk gigi secara perlahan, lalu membuang kotoran yang ada atau dengan pembersih khusus port. (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani HambaliĀ 

Baca Juga