Begini Prakiraan Cuaca Hari Ini Serta Dua Hari Mendatang untuk Wilayah Kendari

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Sabtu, 20 Maret 2021
0 dilihat
Begini Prakiraan Cuaca Hari Ini Serta Dua Hari Mendatang untuk Wilayah Kendari
Hari ini hujan ringan akan guyur Kota Kendari pada siang dan malam hari. Foto: Repro Google.com

" Anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sulawesi Tenggara dapat meningkatkan potensi penguapan atau penambahan massa air. "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari ini cuaca untuk wilayah Kota Kendari diperkirakan hujan dengan intensitas ringan pada siang dan malam hari.

Kemudian untuk dua hari mendatang yakni pada Minggu dan Senin, diperkirakan hujan dengan intensitas sedang pada siang dan sore hari.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie menjelaskan bahwa kondisi ini disebabkan adanya index SOI dan NINO 3.4 menunjukkan nilai signifikan dan mendukung pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia, termasuk wilayah Sulawesi Tenggara.

Baca juga: PWI Sultra Kecam Aksi Kekerasan Wartawan di Kendari

"Anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sulawesi Tenggara dapat meningkatkan potensi penguapan atau penambahan massa air," ungkapnya. Sabtu (20/3/2021).

Selain itu tambahnya, massa udara basah lapisan rendah dan indeks labilitas kuat skala lokal saat ini masih terkonsentrasi di wilayah Sulawesi Tenggara.

Faktor-faktor itulah lanjut Faizal, yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan, termasuk Kota Kendari.

"Esok hari diperkirakan hujan dengan intensitas sedang pada siang hari dan esok lusa diperkirakan hujan dengan intensitas sedang pada siang hari sedangkan untuk dini hari akan terjadi hujan ringan," tutupnya. (B)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga