Ribuan Pelajar di Kolaka Utara Peringati Tahun Baru Islam 1445 Hijiriah

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 19 Juli 2023
0 dilihat
Ribuan Pelajar di Kolaka Utara Peringati Tahun Baru Islam 1445 Hijiriah
Ribuan peserta pawai ta'aruf peringkat tahun baru Islam padati jalan protokol Kecamatan Lasusua. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Ribuan pelajara dari jenjang Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Dasar (SD), dan Taman Kanak-kanak (TK) di Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara, memperingati tahun baru Islam 1445 Hijiriah "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Ribuan pelajara dari jenjang Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Dasar (SD), dan Taman Kanak-kanak (TK) di Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara, memperingati tahun baru Islam 1445 Hijiriah.

Selain pelajar, kegiatan yang dipusatkan di lapangan sepak bola Kelurahan Lapai, juga diikuti ratusan emak-emak Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) dari 12 desa/kelurahan di Kecamatan Ngapa.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk long march dari lapangan sepak bola menelusuri jalan-jalan di Kelurahan Lapai, kemudian finish di tempat semula dibuka mantan Wakil Bupati Kolaka Utara, Abbas.

Pawai 1 Muharram 1445 Hijiriah ini berlangsung meriah, selain peserta ratusan warga ikut memadati jalan-jalan di sekitar pusat kegiatan menyaksikan penampilan para peserta yang menggunakan pakaian-pakaian unik seperti pakaian ihram dan busana dengan nuansa islami lainnya.

Baca Juga: Sambut Tahun Baru Islam Pemda Buton Selatan Gelar Istighasah

Tidak hanya busana, para pelajar turut membawa simbol-simbol Islam, berupa  miniatur Ka'bah, masjid, serta simbol-simbol Islam lainnya. Kegiatan semakin meriah dengan penampilan ratusan peserta marci band MTs As'adiyah Lapai.

Peserta long march peringkat 1 Muharram 1445 Hijiriah di Kelurahan Lapai, Kecamatan Ngapa. Foto: Muh Risal H/Telisik

 

Semarak 1 Muharram dimulai sejak pukul 09.00 Wita dengan lebih dulu mendengarkan tausiyah dan berakhir sekitar pukul 11.00 Wita.

Mantan Wabup Kolaka Utara, yang juga Ketua Yayasan Pondok Pesantren As'adiah Lapai, Abbas menuturkan, 1 Muharram 1445 Hijiriah adalah tahun baru Islam, bulan penuh berkah.

"Pawai yang kita lakukan hari ini menunjukkan bentuk kecintaan kita kepada islam, cinta Allah SWT dan Rasulnya Muhammad SAW," terangnya, Rabu (19/7/2023).

Lebih lanjut ia menyampaikan, kegiatan serupa digelar di Kota Lasusua namun mungkin tidak semeriah di Kecamatan Ngapa.

"Saya berharap kegiatan ini dapat membawa berkah dan memberikan pelajaran bagi generasi ummat Islam, khususnya di Kecamatan Ngapa dan Watunohu," harapannya.

Lurah Lapai, Muhammad Sanusi mengatakan, kegiatan itu diinisiasi pondok pesantren As'adiah Lapai. Pemerintah setempat hanya menyiapkan berbagai fasilitas.

"Kami hanya menyiapkan tempat dan fasilitas lainnya sementara aparat pengamanan mengatur lalulintas di jalur-jalur yang dilintasi peserta," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekertaris Camat Ngapa, Kapolsek Ngapa, KUA Ngapa, para kepala desa, kepala sekolah, dan para pimpinan pondok pesantren.

Tidak hanya di Ngapa, ribuan peserta terdiri dari pelajar SMA, SMK, MA, SMP, MTs, SD, Majelis Taklim dari 19 desa, organisasi perangkat daerah di Kecamatan Lasusua dan Katoi, OPD, dan Kemenag ikut memperingati tahun baru Islam yang selenggarakan Pemda Kolaka Utara.

Peserta long march kelompok TK menggunakan busana unik rayakan tahun baru Islam di Kecamatan Ngapa. Foto: Muh Risal H/Telisik

 

Pawai ta'aruf dalam rangka memperingati tahun baru Islam ini, di lepas Asisten I Sekda Kolaka Utara, Muhlis Bahtiar, bertolak dari lapangan aspirasi Lasusua dan finis di Masjid Agung Lasusua.

Kata Mukhlis, peringatan 1 Muharram bukan hanya tradisi, melainkan bentuk syiar Islam yang penting untuk dilestarikan.

“Kegiatan ini menjadi momen mengenang perjuangan hijrahnya Rasulullah dari Mekkah menuju Madinah," ungkapnya.

Baca Juga: Antusias Masyarakat Buton Utara Peringati Tahun Baru Islam, Pemda Gelar Pawai Taaruf

Menurutnya, kegiatan ini dapat  menumbuhkan nilai kebersamaan dan kekompakan di antara seluruh peserta. Ia pun mengajak seluruh peserta pawai dan masyarakat Kolaka Utara untuk meningkatkan kualitas ibadah, tidak hanya indah fardhu tetapi juga ibadah sosial.

"Pawai ini diikuti perwakilan berbagai ormas menegaskan semangat kebersamaan dalam merayakan peristiwa bersejarah bagi umat Islam dapat menjadi inspirasi bagi Kolaka Utara dalam mempererat tali persaudaraan dan semangat berbaur," tukasnya.

Mantan Camat Lambai ini berharap, kegiatan peringatan 1 Muharram ini setiap tahunnya dapat diadakan mentradisi, dilestarikan sehingga dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kolaka Utara.

"Selamat tahun baru Islam 1445 Hijriah, semoga semangat hijrah terus membara di hati seluruh umat Muslim Kolaka Utara," pungkasnya. (A-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga