Polda Periksa Eks Kepala Bank Sultra Capem Konkep Soal Aliran Dana Rp 9,5 Miliar

Kardin, telisik indonesia
Senin, 19 April 2021
0 dilihat
Polda Periksa Eks Kepala Bank Sultra Capem Konkep Soal Aliran Dana Rp 9,5 Miliar
Kantor Bank Sultra. Foto: Ist.

" Ini sudah naik ke penyidikan, hari Rabu kita akan panggil beberapa kepala desa untuk di BAP. "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Polda Sultra tengah serius menangani kasus dugaan raibnya uang sebesar Rp 9,5 miliar, dari kas Bank Sultra Cabang Pembantu (Capem) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

Atas hal itu, Polda Sultra telah memeriksa sebagian nama yang diduga masuk daftar penerima dana Rp 9,5 miliar itu termasuk kepala desa dan oknum pejabat di Konkep.

Kabis Humas PID Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh menerangkan, dalam waktu dekat ini pihaknya bakal kembali memanggil sejumlah orang untuk dimintai keterangannya.

"Ini sudah naik ke penyidikan, hari Rabu kita akan panggil beberapa kepala desa untuk di BAP," paparnya, Senin (19/4/2021).

Terkait adanya dugaan keterlibatan oknum pejabat Konkep yang terlibat menerima dana tersebut, kata Dolfi, penyidik masih mengumpulkan keterangan saksi-saksi.

"Yang pasti sekarang kita masih mengumpulkan keterangan saksi-saksi," jelasnya.

Baca juga: Pelaku Pembawa 7 Karung Sabu Tujuan Kendari Tertembak di Kandang Kambing

Sementara itu, Koordinator Lapangan Lembaga Pemerhati Daerah (LPD), Alamsyah menjelaskan, modus dugaan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan Irwanto Jaya Putra selaku Kepala Bank Sultra Capem Konkep yaitu dengan cara meminjamkan dana yang bersumber dari dana oprasional bank senilai Rp 9,5 miliar diduga tanpa prosedur.

"Uang tersebut diduga dipinjamkan kepada oknum-oknum pejabat tinggi Konkep dengan ketentuan pengembalian bunga senilai 50 persen dari pinjaman," ujar Alamsyah.

Kata dia, uang milik Bank Sultra Cabang Konkep itu diduga cair secara bertahap, yakni mulai keluar pada tahun 2019 hingga 2020.

"Yang kami sayangkan adanya dugaan keterlibatan oknum pejabat di Konkep," paparnya.

Saat dikonfirmasi, Mantan Kepala Bank Sultra Capem Konkep, Irwanto Jaya Putra mengaku saat ini sedang diperiksa oleh pihak kepolisian.

"Sebentar yah, saya masih di-BAP ini," jawabnya singkat saat dihubungi via seluler. (A)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga