adplus-dvertising

Benarkah Kiamat Terjadi Hari Jumat, Ini 10 Tanda Kiamat

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Jumat, 09 Oktober 2020
46612 dilihat
Benarkah Kiamat Terjadi Hari Jumat, Ini 10 Tanda Kiamat
Penjelasan terkait kiamat akan terjadi pada hari Jumat. Foto: Repro Google.com

" Sebaik-baik matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari Jumat Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukan ke dalam surga dan pada hari Jumat itu juga dia dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jumat. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Sebaik-baik matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari Jumat Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukan ke dalam surga dan pada hari Jumat itu juga dia dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim No. 854).

Dilansir dari lazharfa.org, beberapa faedah dari hadist di atas mencakup:


Menyebutkan keistimewaan hari Jumat. Hari Jumat adalah hari terbaik dalam sepekan.

Sedangkan hari Arofah adalah hari terbaik dalam setahun. Tidak semuanya menyebutkan keutamaan hari Jumat.

Mengenai keluarnya Adam dari Surga dan terjadinya kiamat tidaklah teranggap sebagai keutamaan hari Jumat, namun menceritakan mengenai perkara besar yang nanti akan terjadi.

Demikian penjelasan Al Qodhi ‘Iyadh, hadist tersebut menunjukan bahwa seorang hamba di hari Jumat hendaklah mempersiapkan diri dengan berbagai amalan sholih supaya mendapatkan rahmat Allah dan tercegah dari murka Allah.

Hari kiamat disegerakan sebagai balasan bagi para Nabi, Shiddiqin, para wali Allah dan selainnya, juga untuk menampakkan karomah dan kemuliaan mereka.

(Disarikan dari Syarh Muslim, Imam Nawawi, 6:142). Namun kapan tanggal pasti kiamat itu datang, tidak ada yang mengetahuinya.

Baca juga: Bahayakan Rakyat, UU Cipta Kerja Hukumnya Haram dalam Islam

“Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah : “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah.” dan tahukah kamu (Hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya,” (QS. Al Ahzab:63).

Berikut 10 tanda-tanda kiamat menurut Islam dikutip dari buku 'Tanda-tanda Kiamat' karya Mahmud Rajab Hamady:

1. Munculnya Imam Mahdi

Kemunculan Imam Mahdi menjadi salah satu tanda datangnya akhir zaman. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Al Hakim, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda,

"Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun."

2. Dajjal

Selain Imam Mahdi, ada juga kemunculan Dajjal yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Dajjal diketahui akan menyebarkan fitnah di muka bumi.

Dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah bersabda:

"Tidak ada satu pun mahluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal."

3. Nabi Isa AS Memimpin Dunia

Dalam Al Quran surat An Nisa ayat 159, Allah berfirman bahwasanya Nabi Isa akan muncul di dunia dan menjadi saksi bagi umat manusia.

Artinya: Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka.

4. Ya'juj dan Ma'juj

Dalam Quran surat Al Kahfi ayat 94, Allah SWT berfirman mengenai Ya'juj dan Ma'juj, yakni kaum yang menjadi perusak di bumi.

Artinya: Mereka berkata, "Wahai Zulkarnain! Sungguh, Ya'juj dan Ma'juj itu (makhluk yang) berbuat kerusakan di bumi, maka bolehkah kami membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kami dan mereka?"

Baca juga: Poligami Tanpa Restu Istri Pertama, Bolehkah?

5. Matahari Terbit dari Arah Barat

Matahari terbit dari arah Barat menjadi salah satu tanda-tanda kiamat kubra atau besar. Dalam hadist Abu Dawud serta Ibnu Majah, dari Abdullah bin Amr, dia berkata, aku hafal dari Rasulullah sabda beliau,

"Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi."

6. Daabbah (Binatang Melata)

Kemunculan binatang melata disebutkan dalam hadist yang sama dengan terbitnya matahari dari arah Barat. Namun, tidak diketahui mana yang duluan akan terjadi, apakah kemunculan binatang melata atau matahari dari Barat.

7. Kabut dan Angin Berhembus

Dalam Quran surat Ad Dukhan, Allah SWT bersabda mengenai kemunculan kabut yang menjadi peringatan akan datangnya hari kiamat.

Artinya: Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas.

8. Munculnya Api

Berdasarkan hadits riwayat Muslim, kemunculan api menjadi tanda-tanda kiamat. Bahkan, api tersebut membawa manusia menuju tempat berkumpul.

"Dan yang terakhirnya adalah api yang keluar dari Yaman, menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul."

9. Terjadinya Gempa

Gempa di muka bumi saat hari kiamat dijelaskan dalam Al Quran surat Al Hajj ayat 1 yang berbunyi.

Artinya: Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) Kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar.

10. Kehancuran Kakbah

Tanda-tanda kiamat yang terakhir adalah hancurnya Kakbah. Hal itu sesuai dalam hadits riwayat Hakim dan Abu Ya'la, oleh Abu Sa'id Al Khudri RA,

"Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum Kakbah ini tidak lagi didatangi orang untuk menunaikan ibadah haji."

Dalam hadits riwayat Muslim dan Bukhari, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Kakbah diruntuhkan oleh Dzu Suwaiqatain dari Habasyah." (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga