Berbaju Adat Tolaki, Surunuddin Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Ashar Hamka, telisik indonesia
Rabu, 01 Juni 2022
0 dilihat
Berbaju Adat Tolaki, Surunuddin Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual
Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga, mengikuti upacara hari lahir Pancasila secara virtual. Foto: Ist.

" Bupati Konawe Selatan, H. Surunuddin Dangga ikut serta dalam upacara peringatan hari lahir Pancasila secara virtual, menggunakan baju adat Tolaki "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, tahun 2022 ini turut diperingati Pemda Konawe Selatan.

Bertempat di kediamannya, Bupati Konawe Selatan, H. Surunuddin Dangga ikut serta dalam upacara peringatan hari lahir Pancasila secara virtual.

Meski terkesan sederhana, namun upacara yang dipusatkan di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo itu tetap berlangsung hikmat.

Surunuddin mengikuti upacara dengan berpakaian adat Tolaki. Usai mengikuti upacara secara virtual, Surunuddin berharap di momentum hari lahir Pancasila, seluruh warga Konawe Selatan pada khususnya, makin mempererat rasa persaudaraan dan silaturahmi.

“Hari lahir pancasila di tahun ini mengusung tema Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia," ungkapnya.

Baca Juga: Pelantikan Pj, Kado Manis di Usia 7 Tahun Muna Barat

Presiden Jokowi bertindak selaku Inspektur Upacara mengatakan, bangsa dan negara Indonesia dapat tetap berdiri kokoh menjadi negara kuat karena berlandaskan Pancasila. Oleh sebab itu, ia mengingatkan bangsa Indonesia untuk betul-betul mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila.

Baca Juga: Di Akhir Masa Jabatan, Bupati Buton Kembali Sabet Penghargaan

Untuk diketahui, Kabupaten Ende merupakan tempat pembuangan Bung Karno di masa penjajahan Belanda dan menjadi tempat Bung Karno merumuskan Pancasila.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), tiba di Kabupaten Ende pada Selasa (31/5/2022) dengan menggunakan pesawat kepresidenan dari Bandara Internasional Udara Soekarno-Hatta Jakarta pukul 13.50 WIB. (C)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga