Sempat Ditunda Mendagri, Pilkades Konkep Digelar Desember

Kardin, telisik indonesia
Rabu, 08 September 2021
0 dilihat
Sempat Ditunda Mendagri, Pilkades Konkep Digelar Desember
Pemilihan kepala desa di Konawe Kepulauan bakal digelar 12 Desember 2021. Foto: Repro BeritaSatu.com

" Zakaria berharap agar para kandidat yang bertarung memperebutkan kursi 01 desa ini tetap menjaga nilai-nilai kekeluargaan, nilai kesatuan dan menyukseskan Pilkades dengan damai "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) kembali dilanjutkan, setelah sebelumnya dinyatakan ditunda.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Konkep, Zakaria Rasjid mengungkapkan, awalnya tahapan Pilkades Konkep ini direncanakan mulai berjalan pada 6 Agustus lalu. Namun karena adanya Surat Edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sehingga tahapan tersebut ditunda.

"Setelah melihat perkembangan yang terjadi saat ini, berdasarkan hasil koordinasi dan konsultasi dengan Kemendagri melalui BPMD Provinsi Sulawesi Tenggara, telah memberikan kita informasi bahwa tahapan tetap dijalankan, hanya tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat," ungkap Zakaria Rasjid, Rabu (8/9/2021).

Menindaklanjuti hal tersebut kata Zakaria, panitia Pilkades tingkat kabupaten telah menggelar rapat di Perkantoran Bupati, Selasa (7/9/2021) kemarin. Berdasarkan rapat tersebut, pemungutan suara Pilkades serentak di Konkep bakal digelar pada 12 Desember 2021 nanti.

"Kami kemarin sudah melakukan rapat panitia untuk melanjutkan tahapan Pilkades. Insya Allah tanggal 11 sampai 12 September kita akan melakukan sosialisasi ke masyarakat di 30 desa yang menggelar Pilkades terhadap tahapan pelaksanaan Pilkades," katanya.

Usai menggelar sosialisasi tahapan kata Zakaria, pihaknya berharap agar Badan Permusyawaratan Desa (BPD) segera melaksanakan musyawarah pembentukan Panitia Pilkades yang terdiri atas 9 orang atau sering disebut sebagai Panitia Sembilan.

"Karena setelah dibentuk Panitia Sembilan itu, kita akan agendakan secepatnya bimbingan teknis ke panitia tersebut," terangnya.

Baca Juga: Diprotes, Biaya Rapid Antigen Peserta CASN di Muna Diturunkan

Baca Juga: Jadi Saksi Perlawanan Rakyat Kolaka, Monumen Gelora Perjuangan Kini Tak Terawat

Zakaria berharap agar para kandidat yang bertarung memperebutkan kursi 01 desa ini tetap menjaga nilai-nilai kekeluargaan, nilai kesatuan dan menyukseskan Pilkades dengan damai.

"Karena segala perbedaan kita selama ini merupakan kekuatan kita yang harus diakomodir untuk mensukseskan Pilkades," ucapnya.

Zakaria juga mendorong agar semangat yang dibawa pada Pilkades serentak di Konkep tahun 2021 ini adalah menghadirkan calon kepala desa yang berkualitas dan berintegritas tinggi.

"Masyarakat diharapkan memilih pemimpin yang benar-benar berkualitas dan memiliki integritas tinggi untuk mewujudkan Wawonii Bangkit dalam lingkaran hati emas," pungkasnya. (C)

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga