Bergeser, Sultra Siap Jadi Tuan Rumah HPN 2022

Siswanto Azis, telisik indonesia
Kamis, 05 Agustus 2021
0 dilihat
Bergeser, Sultra Siap Jadi Tuan Rumah HPN 2022
Suasana rapat virtual oleh Pemprov bersama PWI Sultra serta panitia nasional HPN. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Hasil rapat kami kemarin, dengan berat hati memutuskan perayaan HPN 2021 digelar di pusat saja, Sultra nanti tahun 2022 "

KENDARI, TELISIK.ID - Rencana penyelenggaraan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terpaksa berubah. Panitia nasional HPN memutuskan menggeser perayaan HPN di Sultra pada tahun 2022 mendatang.

"Hasil rapat kami kemarin, dengan berat hati memutuskan perayaan HPN 2021 digelar di pusat saja, Sultra nanti tahun 2022," kata Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat, Atal S Depari, saat rapat virtual dengan Pemprov bersama pengurus PWI Sultra via aplikasi Zoom Meeting, pada Rabu (5/8/2020).

Atal menjelaskan, pergeseran tuan rumah HPN ini diakibatkan pandemi COVID-19 yang masih terus mempengaruhi segala aktivitas termasuk persiapan perayaan HPN 2021.

Aktivitas penerbangan, hingga kegiatan fisik maupun pertemuan langsung yang masih sangat terbatas, tidak memungkinkan untuk berbuat banyak di daerah tuan rumah. Sehingga diputuskan penyelenggaraan HPN dilaksanakan di Jakarta atau paling jauh di Jawa Barat yang dekat dengan ibukota.

Gubernur Sultra, Ali Mazi saat memberikan sambutan pada HPN 2020 menuju HPN 2021. Foto: Ist.

 

Sekda Pemprov Sultra, Nur Endang Abbas, mewakili gubernur dalam rapat tersebut mengapresiasi pada pengurus pusat yang masih mempercayakan Sultra sebagai tuan rumah HPN meski bergeser nanti di 2022.

Menurutnya, Pemprov akan lebih siap lagi jika dua tahun masa persiapan untuk menyambut kegiatan nasional berskala besar itu. Apalagi menghadirkan presiden di Bumi Anoa.

"Kami sangat berterima kasih kepada PWI pusat yang masih mempercayakan Sultra sebagai tuan rumah tahun 2022. Kami sangat berharap bisa mempersiapkan lebih baik untuk menyambut para tamu se Indonesia dan negara sahabat di sini, semoga bisa tuan rumah yang baik nanti," katanya.

Nur Endang menambahkan, untuk tetap mempromosikan Sultra di HPN 2021, pihak Pemprov akan menitip beberapa hal kepada panitia HPN, seperti membuatkan seragam panitia menggunakan kain tenun khas Sulawesi Tenggara, serta hal lain. Ia juga akan berkunjung ke kantor pusat PWI untuk koordinasi lebih lanjut mengenai persiapan tersebut.

Sementara itu, Ketua PWI Sultra, Sarjono mengaku, cukup sedih sekaligus lega dengan keputusan itu. Sebab persiapan yang cukup melelahkan yang dilakukan sejak sebelum pelaksanaan HPN 2020 di Banjarmasin Kalimantan Selatan lalu untuk mempromosikan Sultra sebagai tuan rumah HPN 2022, hingga menggelar Gala Dinner, harus berujung pergeseran waktu.

Namun ia juga lega, karena pandemi COVID-19 ini membuat pengurus PWI Sultra merasa was-was dengan kesuksesan kegiatan tersebut.

"Kita bersyukur karena COVID-19 jugalah membuat waktu kita melakukan persiapan cukup panjang. Dengan pandemi begini langkah kita terbatas, sehingga membuat kita khawatir tentang pelaksanaan HPN kalau 2021 tetap di Sultra," ujar Sarjono.

Gubernur Ali Mazi (kiri) saat menerima SK penunjukan HPN 2021 pada acara gala dinner di Kota Banjarmasin. Foto: Ist.

 

HPN merupakan momen penting bagi seluruh insan pers seluruh Indonesia, yang puncaknya diselenggarakan tiap tanggal 9 Februari. Berbagai agenda yang melibatkan masyarakat pers maupun khalayak umum dilaksanakan dalam rangkaian HPN tersebut.

Setiap puncak HPN, Presiden Indonesia selalu hadir di manapun dilaksanakan. HPN juga memberi dampak positif yang besar bagi pembangunan daerah maupun perputaran ekonomi masyarakat di daerah tuan rumah.

Untuk diketahui, penunjukan Sultra menjadi tuan rumah HPN sudah direncanakan pada tahun sebelumnya. Bahkan pada HPN 2021, Sultra sudah ditunjuk menjadi tuan rumah, namun karena situasi pandemi COVID-19 akhirnya membuat PWI Pusat mengambil keputusan untuk membatalkan dan mengalihkannya ke Jakarta, walau harus diselenggarakan secara sederhana. Keputusan tersebut tentu saja sudah dikonsultasikan kepada Pemerintah Provinsi Sultra.

Olehnya itu, peringatan HPN 2021 dipusatkan di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta dan diikuti oleh berbagai daerah secara virtual. HPN ke-75 tersebut mengusung tema Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerator Perubahan.

Baca Juga: Tak Ada Seleksi Paskibraka, Muhammad Arief Wijaya Kembali Terpilih Wakili Sultra di Nasional

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berkesempatan mengikuti HPN 2021, juga secara virtual dari Istana Negara Jakarta. Sejumlah tokoh tampak mendampingi Presiden Joko Widodo, antara lain: Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR-RI Puan Maharani, Ketua DPD-RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, hingga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Atal Sembiring Depari. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Kardin

Baca Juga