Bersiap Ganti Baru, Berikut HP iPhone yang Tak Bisa Pakai Whatsapp Mulai Besok

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 23 Oktober 2022
0 dilihat
Bersiap Ganti Baru, Berikut HP iPhone yang Tak Bisa Pakai Whatsapp Mulai Besok
Beberapa iPhone uzur tak akan lagi bisa mengakses WhatsApp karena menyetop dukungan kepada iOS dan Android versi tertentu per 24 Oktober nanti. Foto: Repro Kompas.com

" Dikarenakan sistem operasinya sudah terlalu jadul, beberapa HP Android dan iPhone tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp mulai Senin, (24/10/2022) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dikarenakan sistem operasinya sudah terlalu jadul, beberapa HP Android dan iPhone tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp mulai Senin, (24/10/2022).

Mengutip dari Detik.com, Oktober tak lagi mendukung perangkat Android 4.1 Jelly Bean ke bawah dan iPhone yang menjalan iOS 11 ke bawah.

"WhatsApp selalu menghentikan dukungan untuk beberapa versi Android dan iOS, untuk memungkinkan perusahaan memperkenalkan fungsionalitas tertentu yang mungkin tidak berfungsi pada sistem operasi lama," tulis laporan WABetaInfo.

Hanya saja untuk iPhone, semestinya tak banyak yang terdampak dari penyetopan dukungan ini. Pasalnya tak banyak iPhone yang mentok di iOS 10 ataupun iOS 11.

Baca Juga: Segera Masuk Indonesia, Ini Rincian Harga iPhone 14

Hanya iPhone 5 dan iPhone 5C yang akan terpengaruh oleh aturan tersebut, sebab kedua ponsel ini hanya mentok di iOS 10.

Bagi pengguna iPhone 5s jangan senang dulu, kamu pun terancam tidak dapat menggunakan WhatsApp bilamana masih menjalankan iOS 11. Karena itu disarankan untuk upgrade ke iOS 12.

WhatsApp sejauh ini belum mengkonfirmasi laporan WABetaInfo. Namun lewat situs Pusat Bantuan, WhatsApp telah menyampaikan bahwa iOS 12 atau yang lebih baru diperlukan bagi pengguna iPhone untuk terus menggunakan layanan di situs web Pusat Bantuannya.

Bagi pengguna iPhone 5 atau 5c mungkin sudah saatnya beralih ke versi terbaru.

Sementara itu dikutip dari Cnnindonesia.com, untuk perangkat Android, WhatsApp, dalam situs resminya, hanya mendukung pada OS 4.1 atau lebih baru. Namun, tak ada rincian tanggal penghentian dukungan untuk sistem operasi yang lebih lawasnya.

Baca Juga: Simak Daftar dan Cara Update iOS 16 di Perangkat iPhone

Pencabutan dukungan terhadap iPhone seri tertentu dibutuhkan WhatsApp untuk lebih fokus kepada pengembangan fitur termutakhir. Selain itu, dengan memperbarui iOS terkini, pengguna juga bisa mendapat keuntungan dengan adanya paket keamanan terbaru.

WhatsApp memang terbilang rutin menyuntik mati akses aplikasinya di ponsel jadul pada setiap tahun. Perusahaan meninjau tiap perangkat dan software yang telah lama dan dengan pengguna yang sudah sedikit.

"Gawai dan perangkat lunak sering berubah, jadi kami secara teratur meninjau sistem operasi apa yang kami dukung dan melakukan pembaruan," kata WhatsApp dalam pernyataannya.

Selain untuk lebih fokus, Whatsapp juga rutin mengkaji jumlah pengguna sistem aplikasi tertentu. Semakin sedikit penggunanya, semakin besar peluang dukungan dari Whatsapp untuk dicabut. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

Baca Juga